Musim Hujan Sampah di TPS Kalirejo Malah Menumpuk

DRINGU, Radar Bromo – Pemandangan tidak sedap terlihat di Desa Kalirejo. Pasalnya terdapat tumpukan sampah yang menggunung memenuhi sebuah tempat pembuangan sampah (TPS) yang berada di sebelah barat perumahan Kalirejo menuju Dusun Bengkingan, Selasa (7/1).

Tumpukan sampah yang belum diangkut oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH)Kabupaten Probolinggo tersebut, dikeluhkan oleh warga setempat. Pasalnya, sampah yang menggunung tersebut selain mengganggu kenyamanan juga menimbulkan bau tidak sedap.

Kabid Pengelolaan Sampah DLH Kabupaten Probolinggo Zaenal Ansori mengatakan bahwa sampah yang berada di Desa Kalirejo mengalami peningkatan saat musim hujan tiba. Petugas dari DLH sejatinya sudah dua kali melakukan pengangkutan sampah yang berada di tempat pembuangan sampah desa.

“Kami melakukan pengangkutan sampah dua hari sekali, kemarin (Senin, 6/1) petugas sudah dua kali mengangkut sampah di Desa Kalirejo. Besok (hari ini, Red) kami lakukan pengangkutan sampah lagi,” ujarnya.

Menurutnya, kenaikan volume sampah lumrah terjadi di masyarakat saat musim hujan. Volume sampah dapat mengalami peningkatan sebanyak dua kali lipat, lebih banyak daripada saat musim kemarau.

“Saat musim hujan sampah cenderung meningkat karena sampah yang dibuang di tempat pembuangan yang telah disediakan tidak hanya sampah rumah tangga, melainkan sampah dari tanaman dan pohon yang dipangkas,” tuturnya.

Pihaknya mengatakan bahwa penumpukan sampah yang sedang terjadi di Desa Kalirejo akan segera teratasi. Karena jadwal pengangkutan sampah sudah terjadwal. Pengangkutan akan dilakukan hingga sampah tidak menggunung. Penambahan jumlah pengangkutan juga siap dilaksanakan jika masih terdapat tumpukan sampah yang masih belum terangkut.

“Pengangkutan sampah sudah terjadwal, saat jadwal sudah tiba akan dilakukan pengangkutan sampai tuntas, bahkan dilakukan beberapa kali pengangkutan hingga sampah tersebut benar-benar bersih dan terangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Seboro, Kecamatan Krejengan,” pungkasnya. (ar/fun)