Penerima Bantuan PKH Kota Pasuruan Bertambah 139 Orang

PURWOREJO, Radar Bromo – Jumlah penerima bantuan sosial melalui Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Pasuruan dipastikan bertambah. Masyarakat yang dinyatakan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) itu akan mulai menerima bantuan tahun depan.

Sebelumnya, ada 70 orang yang sudah dicoret dari data KPM. Mereka dinyatakan mandiri setelah mendapatkan penghasilan setelah membuka peluang usaha. Itu artinya, 70 KPM itu tak akan menerima bantuan lagi.

Di sisi lain, jumlah KPM tambahan ternyata lebih banyak ketimbang yang dicoret. Sebab, Kemensos RI menurunkan data tambahan sebanyak 1.149. Data itu kemudian diverifikasi dan validasi oleh pendamping PKH. “Hasilnya, ada 565 yang layak mendapatkan bansos PKH,” kata Kabid Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Pasuruan Sugianto.

Namun, tak semua data yang dilaporkan kemudian mendapatkan kartu keluarga sejahtera (KKS). Pasalnya, Kemensos RI baru menerbitkan KKS untuk 139 KPM saja. Ratusan KPM itu lalu mengaktivasi KKS di perbankan. “Jadi, sementara ini jumlah KPM ada tambahan 139. Totalnya dengan KPM yang selama ini sudah menerima bantuan sejumlah 4.825,” ujarnya.

Sugianto juga menyampaikan jika data tersebut bisa kembali bertambah. Mengingat masih ada 426 calon KPM yang dilaporkan ke pusat, namun belum mendapatkan KKS. (tom/fun)