Pemadam Kebakaran Kab Probolinggo Beli Alat Evakuasi Seharga Rp 200 Juta

KRAKSAAN, Radar Bromo – Peningkatan kualitas layanan dan kecepatan dalam pertolongan terus dilakukan oleh Pemadam Kebakaran Kabupaten Probolinggo. Belum lama ini, Damkar membeli alat evakuasi korban terjepit seharga Rp 200 juta.

Inspektur Inspeksi Damkar Kabupaten Probolinggo Danang Purwanto mengatakan, alat ini merupakan satu-satunya yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Alat ini diklaim sangat berguna jika terjadi sebuah kecelakaan lalu lintas, gedung roboh, atau bencana lain yang menyebabkan korban dalam keadaan terjepit.

“Kebanyakan memang terjadi saat kecelakaan lalu lintas, dimana ada korban posisi terjepit. Alat ini nantinya berguna untuk memotong dan mengungkit, sehingga kematian korban dalam keadaan terjepit dapat diminimalisasi,” ujarnya.

Alat ini dibeli seharga Rp 200 juta. Harga tersebut sudah dianggap wajar karena harga alat yang memiliki fungsi yang sama bisa lebih mahal. Kepemilikan alat ini dianggap sangat diperlukan.

Menurutnya, ada beberapa kali kasus kecelakaan dimana kondisi korban dalam keadaan terjepit dan mayoritas lambat dilakukan evakuasi. Sehingga, terjadi korban jiwa. Karena saat kecelakaan terjadi korban terjepit dalam waktu yang cukup lama.

“Yang menjadi problem ketika terjadi sebuah kecelakaan atau bencana salah satunya adalah proses evakuasi korban yang sedang terjepit. Ini membutuhkan alat yang mumpuni untuk melakukan evakuasi supaya bisa dilakukan secepat mungkin,” tuturnya. (ar/fun)