alexametrics
26.6 C
Probolinggo
Monday, 26 October 2020

Hasil Survei: 10 Ribu Warga Kabupaten Probolinggo Alami Kebutaan

PROBOLINGGO, Radar Bromo – Angka Kebutaan di Kabupaten Probolinggo cukup tinggi. Sekitar 10 ribu warga alami kebutaan. Kasus kebutaan didominasi oleh katarak (Opacity) pada lensa mata.

Data itu diungkapkan Ketua Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Probolinggo Arizky Perdana Kusuma. Menurutnya, 10 ribu warga yang alami kebutaan itu mencakup kebutaan permanen maupun gangguan penglihatan yang disebabkan oleh genetik atau diturunkan dari orang tua kepada anak, kecelakaan, atau penyakit.

“Penyebabnya beragam. Namun, angka itu (kebutaan) didominasi oleh katarak atau keburaman pada lensa mata,” ujar pria yang juga jadi Guru SLB Dharma Asih Kraksaan itu.

Rizky –sapaan akrabnya- mengatakan, angka kebutaan itu didapat pihaknya setelah melakukan survei bersama Yayasan Paramitra Jawa Timur dan Pemkab Probolinggo.

Faktor gaya hidup juga disebutkan berpengaruh terhadap penyebab kebutaan. “Angka itu bisa berkembang banyak. Sebab, banyak yang abai dengan kesehatan matanya. Seperti, menonton televisi dan smartphone berjam-jam. Itu, juga akan memengaruhi kesehatan mata,” ujarnya.

Selain itu, Rizky menjelaskan secara umum 5 hal yang menyebabkan kebutaan. Pertama adalah katarak, yaitu keburaman (Opacity) pada lensa mata. Dalam pengobatan katarak, lensa di dalam mata diambil dan diganti dengan lensa buatan yang jernih.

Kedua Glaukoma atau kerusakan saraf mata yang terjadi ketika tekanan cairan di dalam salah satu atau kedua mata meningkat secara perlahan. Tekanan ini merusak saraf optik dan retina yang menyebabkan penurunan penglihatan tepi secara bertahap.

Ketiga adalah Degenerasi makula yang disebabkan penuaan. Degenerasi makula dapat menyebabkan hilangnya pusat penglihatan akibat ketiadaan fotoreseptor (sel sensor cahaya).

Selanjutnya, ada juga Retinopati Diabetic. Yakni, kerusakan sistemik yang disebabkan oleh diabetes mulai mempengaruhi retina. Dan yang terakhir adalah Retinitis Pigmentosa (RP), merupakan suatu penyebab kebutaan yang diwariskan.

Di sisi lain, katarak jadi perhatian Dinkes Kabupaten Probolinggo. Tercatat sepanjang tahun ini, ada 365 warga yang melakukan operasi katarak. Data itu diperoleh dari hasil bakti sosial yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan Operasi di Rumah Sakit Waluyo Jati.

“Usaha dalam menemukan dan melakukan operasi katarak gratis itu sebelumnya sudah mendapatkan penghargaan. Sebab, pemeriksaan dilakukan oleh masyarakat yang dilatih diseluruh dusun. Sehingga, banyak ditemukan kasus permasalahan di mata,” ujar Anang Budi, kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo. (mg1/mie)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Ngantuk, Pemotor asal Sidoarjo Tabrak Taman Bambu Runcing Pandaan    

Motor Honda Supra X yang dikendarai korban seorang diri, menabrak taman Bambu Runcing

Fortuner Tabrak Pikap Parkir di Prigen, Tiga Terluka  

Sesampainya di lokasi kejadian, Fortuner itu menabrak dari belakang pikap Isuzu Panther pikap yang diparkir di bahu jalan sebelah kiri.

Warga Binaan Rutan Bangil Ubah Lahan Parkir Jadi Bengkel Mebel

Hidup di penjara, tidak boleh mematikan kreativitas. Sebab, meski hidup di lingkungan yang terbatas, seorang tahanan masih bisa berkreasi. Hal ini yang dilakukan di Rutan Bangil dengan mengembangkan industri mebeler.

Ajukan Lagi Lintasan Atletik Rp 4 M untuk Stadion Pogar

Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kabupaten Pasuruan berencana mengusulkan kembali tambahan fasilitas di di Stadion R Soedrasono, tahun depan.

PJU di Kraksaan Sering Mati Akibat Diterpa Hujan-Angin

Setelah beberapa kali diperbaiki, Penerangan Jalan Umum (PJU) di ruas jalan Kraksaan kembali mati.