Bukit Kembang di Lumbang Adalah Titik Lain Nikmati Bromo

LUMBANG, Radar Bromo – Keindahan Gunung Bromo terus dikembangkan dari berbagai sisi di Kabupaten Probolinggo. Salah satu buktinya, Bromo tidak hanya bisa dinikmati dari Seruni Point di Sukapura dan Bukit P-30 di Sumber.

Kini, keindahan Bromo juga bisa dinikmati melalui Bukit Kembang, Dusun Puncak Sari, Desa Sapih, Kecamatan Lumbang. Bahkan, warga di sekitar Bukit Kembang pun berharap Pemkab Probolinggo mengembangkan lokasi ini sebagai alternatif wisata untuk menikmati keindahan Gunung Bromo.

Seperti yang disampaikan Ahmad, 30, warga setempat. Menurutnya, bukan hanya keindahan Gunung Bromo yang bisa dilihat dari Bukit Kembang. Namun, juga jalan tol yang ada di utara Probolinggo.

“Karena itu, kami berharap tidak hanya Sumber yang dibangun untuk tempat melihat Bromo. Bukit Kembang juga layak dikembangkan,” tuturnya.

Menurutnya, pemandangan dari Bukit Kembang tidak kalah menarik dibanding tempat lain yang sudah ada. Bahkan, pemandangan Probolinggo secara keseluruhan justru bisa dilihat dari Bukit Kembang.

“Di sisi selatan bisa melihat Bromo, di utara bisa melihat jalan tol, Gili Ketapang, bahkan PLTU,” jelasnya.

Salah satu pengembangan yang diharapkan yaitu perbaikan jalan menuju Dusun Puncak Sari yang saat ini rusak. “Tahun lalu tidak ada perhatian sama sekali. Kami berharap tahun ini Bukit Kembang juga dikembangkan,” katanya.

Sementara, Camat Lumbang Junaedi menegaskan, akses jalan menuju Bukit Kembang memang perlu diperbaiki. Sebab, akses jalan menuju ke sana rusak.

“Akses jalannya nanti diperbaiki, soalnya rusak. Karena itu, pada Musrenbang tahun ini kami usulkan untuk diperbaiki,” katanya.

Ditambahkan Junaedi, jalan yang rusak itu bukan hanya digunakan untuk menuju Bukit Kembang. Namun, juga digunakan warga untuk beraktivitas sehari-hari. Seperti, mengangkut hasil pertanian.

“Usulan perbaikan jalan akan kami kawal betul. Insyaallah nanti terealisasi. Tetapi, bukan tahun ini. kemungkinan tahun 2021,” tandasnya. (sid/hn/fun)