As Roda Patah, Truk Terguling di Pajarakan, Sopir Sempat Pingsan

PAJARAKAN-Kecelakaan tunggal terjadi di jalur pantura Desa Sukokerto, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Kamis (7/3). Sebuah truk bernopol N 8033 UNN yang memuat material pasir terguling usai as rodanya patah.

Tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Sang sopir, Susanto, 65, warga Kregenan, Kecamatan Kraksaan sempat tak sadarkan diri usai truknya terguling sekitar pukul 14.15.

Siang itu, truk itu melaju dari arah barat menuju ke timur. Sang sopir Susanto baru saja mengambil material tanah di daerah Maron. Kondisi jalan di sekitar lokasi kejadian kebetulan lengang. Karenanya, diduga Susanto menjalankan kendaraanya sedikit kencang.

Junaidi, salah satu warga yang jadi tukang tambal ban menceritakan, saat sampai di lokasi kejadian, truk itu terkena lubang jalan. Meski lubang jalannya tak terlalu dalam, namun membuat truk jadi hilang kendali. Truk pun lantas terguling.

“Meskipun lubangnya tidak begitu dalam, tapi karena truknya melaju kencang, as rodanya jadi patah. Apalagi yang diangkut berat berupa material tanah,” jelas Junaidi.

Beruntung, meskipun truk tersebut terguling namun sang sopir selamat. Saat sempat tak sadarkan diri, sang sopir lantas dibawa ke Puskesmas Pajarakan. “Ada 20 menitan mungkin tidak sadar. Tetapi itu (sambil menunjukan sopir yang langsung membantu evakuasi kendaraanya) sudah sadar, ” ujarnya.

Sementara itu, Susanto sang sopir mengatakan,  ia hendak mengantarkan material tanah itu itu ke Kraksaan. Tetapi, saat melintas di lokasi kejadian, tiba tiba as rodanya patah. Sehingga kemudian, ia membanting setir ke kiri.

“Tetapi saat saya banting kekiri ternyata malah terguling. Beruntung saya masih selamat, ” terangnya.

Imbas kecelakaan tunggal itu, jalur pantura pun sempat macet. “Kira kira 30 menitan, kembali lancar. Itu setelah truk yang terguling berhasik dievakuasi,” kata Kanit Laka Polres Probolinggo Ipda I Nyoman Harayasa. (sid/mie)