alexametrics
25C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

Lomba Mancing Radar Bromo Jadi Hiburan yang Ditunggu di Malam Minggu

KADEMANGAN – Lomba mancing di Kolam Bromo Fishing Jawa Pos Radar Bromo yang istiqamah digelar saban malam Minggu, makin diminati. Tak hanya jadi ajang untuk berlomba, event mingguan ini juga menjadi tempat mencari hiburan di malam Minggu.

Sabtu (5/1) malam, ratusan pemancing memadati area kolam untuk berlomba. Di antara mereka, banyak yang datang bersama keluarga dan siap memberikan dukungan. Sekitar pukul 20.30, lomba dimulai.

Beberapa saat kemudian, sejumlah pemacing mulai menaikkan kailnya karena tersambar ikan. Baik yang kecil maupun yang besar, semuanya terangkat. Namun, pemancing hanya mau menimbang ikan yang berukuran besar dan diperkirakan masuk menjadi nominasi juara.

Panitia Lomba Mancing Giyanto mengatakan, memancing butuh kesabaran dan ketelitian. Jika tidak teliti, bisa saja peserta terlambat mengangkat kail yang sudah tersambar ikan. Bisa juga sebaliknya karena kurang sabar peserta mengangkat kail sebelum ikan sepenuhnya menyambar. Akibatnya, gagal mendapatkan ikan.

“Biasanya sedikit disenggol ikan, sudah ditarik. Padahal, bisa jadi hanya disenggol dan belum sampai termakan. Kalau sudah benar-benar tersambar, pelampung akan masuk ke dalam air, waktu itulah momen yang pas untuk mengangkat kail,” jelasnya.

Seperti biasa, menurutnya, hasil pancingan dikatakan sah bila kail nyangkut di mulut ikan. Karenanya, ketika nyakut di bagian tubuh selain di mulut, pihaknya tidak bisa mengesahkannya. “Seperti sebelumnya ada peserta yang mengangkat ikat seberat sekitar 4 kilogram, namun karena menyangkut di badan ikan, bukan di mulutnya, maka dinyatakan tidak sah,” ujar Giyanto.

Di akhir perlombaan, keluarlah para juaranya. Di antaranya, juara pertama ada pelapak nomor 18 dengan sebutan STT. Dia berhasil mendapatkan ikan seberat 3,215 kilogram. Juara dua Fajar (berat ikan 3,083 kilogram); juara ketiga Budi Lumut (berat ikan 2.903 kilogram); dan terakhir Sesek dengan berat ikan 1.582 kilogram. (rpd/rud)

MOST READ

BERITA TERBARU