RSUD Grati Operasional, Langsung Kejar Kerjasama Pelayanan Kesehatan dengan BPJS

GRATI – RSUD Grati di Kelurahan Gratitunon, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan resmi beroperasi. Jumat pagi (6/10), Wakil Bupati (Wabup) Pasuruan, KH Mujib Imron mengunjungi rumah sakit yang pembangunannya menelan anggaran Rp 29,2 miliar ini.

Gus Mujib-sapaan akrab KH. Mujib Imron tiba di RSUD Grati sekitar pukul 09.00. Ia langsung menuju ruang manajemen di lantai dua RSUD untuk mengikuti penjelasan soal RSUD Grati. Selepas mengikutinya, orang nomor dua di Kabupaten Pasuruan ini sempat mengecek sejumlah fasilitas di RSUD.

Ruang Rawat Inap Pasien, Ruang Laboratorium dan Ruang Perawat tidak lepas dari perhatiannya. Ia pun sempat menyinggung soal pasien yang berobat dengan layanan badan pelayanan jaminan sosiai (BPJS). Ia meminta agar manajemen tidak membedakannya.

Gus Mujib mengungkapkan dari hasil kunjungan ini, ia melihat rumah sakit tipe D ini sudah siap untuk melayani masyarakat terutama masyarakat Kabupaten Pasuruan sebelah timur. Ia melihat rumah sakit ini sudah dikelola secara profesional.

Menurutnya, tidak ada catatan khusus terkait fasilitas yang tersedia di RSUD Grati. Sebab, dari segi sumber daya manusia (SDM) dan penyediaan alat kesehatan (alkes) sudah terpenuhi. Namun, ia berharap agar seluruh lapisan masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik.

“Saya lihat ruang kelas I, II dan III sama sama ber AC. Ini menunjukkan tidak ada perbedaan dalam pelayanan. Mudah-mudahan, pasien non BPJS maupun pasien dengan BPJS sama-sama terlayani,”ungkapnya.

Sementara itu Direktur RSUD Grati, dr. Arma Roosalina menjelaskan dokter dan petugas sudah memenuhi standar tipe D. Di RSUD Grati terdapat enam dokter. Rinciannya, empat dokter umum, satu dokter obgyn dan satu dokter anak.

Untuk fasilitas juga sudah sesuai dengan tipe D. Yakni ruang laboratorium, ruang obgyn, ruang X-Ray dan ruang instalasi gawat darurat (IGD). Dalam waktu dekat, RSUD bakal mengajukan dokter spesialis penyakit dalam dan bedah.

“Fasilitas berupa sarana prasarana sudah cukup sesuai dengan standar. Yang jelas dalam waktu dekat, kami ingin kerjasama dengan BPJS bisa segera terjalin. Salah satunya dengan segera mengoperasikan pelayanan pada masyarakat,”pungkasnya. (riz/fun)