alexametrics
29.7 C
Probolinggo
Tuesday, 27 October 2020

Pastikan Peternakan di Kabupaten Pasuruan Aman dari AGP

BANGIL – Kebijakan pemerintah pusat memberlakukan larangan penggunaan antibiotik group promotor (AGP) pada pakan ayam, membuat Pemkab Pasuruan bersikap. Monitoring dan evaluasi (monev) dilakukan untuk memastikan tidak adanya perusahaan pakan yang menggunakan AGP.

Kabid Pengawasan di Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan Ary Widodo menjelaskan, monitoring sudah dilakukan dua kali dalam setahun. Tujuannya, mengecek kandungan pakan yang diproduksi perusahaan.

“Kami sudah dua kali melakukan monev ke produsen-produsen pakan ayam di Kabupaten Pasuruan. Ini, kami lakukan untuk mengecek apakah ada kandungan AGP atau tidak,” jelas Ary.

Dari hasil monev tersebut, pihaknya memastikan tidak ada perusahaan yang memakai AGP sebagai bahan pembuatan pakan ayam. Dengan begitu, pakan ayam di Kabupaten Pasuruan aman dari antibiotik yang bisa mempengaruhi kesehatan konsumen ayam pada jangka panjang.

“Kami sudah ambil sampel dan kami uji di lab. Hasilnya, kami yakinkan tidak ada campuran AGP pada pakan ayam yang diproduksi perusahaan,” tambah dia.

Dikatakannya, sampel itu diambil dari lima perusahaan pakan ayam besar di Kabupaten Pasuruan. Seperti PT Cargill, PT Wonokoyo, dan beberapa perusahaan pakan ayam lainnya.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah pusat mengeluarkan Permentan Nomor 14 Tahun 2017 tentang Klasifikasi Obat Hewan. Di dalamnya, ada larangan penggunaan AGP dalam produksi pakan ayam. Salah satu tujuannya, melindungi konsumen ayam. Mengingat, penggunaan antibiotik jangka panjang, tidak baik untuk kesehatan manusia.

Meski sempat ada kontra, namun pemerintah bersikukuh merealisasikan program terebut. Buktinya, kegiatan monitoring dan evaluasi dilakukan ke perusahaan-perusahaan. Seperti yang dilakukan Pemkab Pasuruan. (one/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Listrik Kerap Padam, 95 Persen Disebabkan Pohon

Kejadian listrik padam atau mati lampu kerap terjadi saat musim hujan.

Maulid Nabi, Buah Impor di Probolinggo Lebih Banyak Diburu

Memasuki Maulid Nabi Muhammad SAW., permintaan buah segar, khususnya buah impor di Kota Probolinggo, meningkat.

15 Desa di Kab Probolinggo Masih Buruh Kiriman Air

Sebagian wilayah di Kabupaten Probolinggo, telah diguyur hujan. Namun, hal ini tidak mempengaruhi ketersediaan sumber air bersih untuk kebutuhan sehari-hari di wilayah terdampak kekeringan.

Pantai Permata Mulai Ramai, Pengunjung Wajib Patuhi Prokes

Libur panjang karena cuti bersama dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW., diperkirakan akan meningkatkan jumlah pengunjung sejumlah destinasi wisata.

SDM Pelaku Wisata di Probolinggo Perlu Ditingkatkan

Potensi wisata di Kabupaten Probolinggo, cukup banyak. Namun, pengelolaannya perlu terus ditingkatkan. Baik secara fisik maupun dari segi SDM pengelola.