alexametrics
30.2 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Dari 243 Pilkades di Kab Pasuruan, 201 Incumbent Kembali Mencalonkan

BANGIL, Radar Bromo-Jabatan kepala desa (kades) ternyata cukup “seksi”, sehingga cukup diminati. Hal ini terbukti dengan banyaknya incumbent yang berencana mencalonkan diri lagi jadi kepala desa.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Jawa Pos Radar Bromo, ada 201 incumbent yang berencana kembali maju dalam ajang kontestasi pilkades. Kepala Bidang Pemerintahan Desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan Rido Nugroho menyampaikan, proses pendaftaran pilkades sudah dimulai.

Memang, jumlah pasti bakal calon (balon) pilkades yang ikut belum diketahui. Karena saat ini masih dalam proses pendaftaran. Namun, incumbent yang menjadi balon sudah diketahui.

Hal itu terpantau dari pengajuan permohonan izin cuti yang masuk ke pihaknya. Setidaknya, ada lebih dari 200 incumbent yang mengajukan izin cuti.

“Pengajuan cuti sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Ada sekitar 201 kepala desa yang mengajukan cuti. Mereka mengajukan cuti untuk maju kembali di kontestasi Pilkades serentak tahun ini,” kata Rido.

Menurut Rido, mereka harus benar-benar cuti setelah ditetapkan sebagai calon kepala desa. Sejak itulah, mereka tidak bisa menikmati fasilitas yang selama ini didapatkan sebagai kepala desa.

“Pengajuan cutinya sudah dilakukan beberapa waktu lama. Tapi, penerapan cuti diberlakukan setelah ditetapkan sebagai calon kepala desa,” imbuhnya.

Tingginya minat incumbent untuk kembali maju sebagai kepala desa, tak dipungkiri Kasiman, anggota DPRD Kabupaten Pasuruan dari Fraksi Gerindra. Ia memandang, jabatan kepala desa terbilang prestisius dan cukup seksi bagi banyak orang.

Tak heran, banyak incumbent yang akhirnya kembali mencalonkan diri. Terbukti dari 243 desa penyelenggara pilkades tahun ini, sebanyak 201 desa diikuti oleh incumbent.

Beberapa hal menjadi faktornya. Ia memandang, jabatan kepala desa dianggap tinggi bagi masyarakat yang ada di desa. Terlebih lagi, mereka memiliki kewenangan dalam pengelolaan anggaran. Baik itu DD ataupun ADD.

“Jadi, wajar kalau masih banyak yang berminat untuk menjadi kepala desa. Karena banyak kelebihan-kelebihan yang bisa didapatkan. Seperti strata sosialnya yang bisa dipandang tinggi oleh masyarakat desa,” pungkasnya. (one/hn)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Kembali Kerek PAD Wisata Kab Pasuruan Tahun Depan

Target Pemkab Pasuruan untuk menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor wisata tahun ini, cukup seret.

Intens Monitoring Lokasi Bencana Longsor di Akhir Tahun

Potensi bencana saat musim hujan perlu diwaspadai. Salah satunya tanah longsor.

Puskesmas Sumber Imunisasi Siswa saat Pandemi

Sejak November, Puskesmas Sumber mulai melaksanakan bulan imunisasi anak sekolah (Bias) di wilayah kerjanya.

Dua Dara Atlet Anggar Kota Probolinggo Incar Perunggu PON Pelajar

Dua atlet anggar Kota Probolinggo, sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti PON Pelajar 2021.

Stok Blangko E-KTP di Kab Pasuruan Dapat Tambahan 20 Ribu

Kabar gembira bagi warga Kabupaten Pasuruan yang hendak mengurus KTP elektronik (e-KTP).