alexametrics
29.7 C
Probolinggo
Tuesday, 27 October 2020

Puskesmas Raci Tangani Stunting dengan Pandu Si Bunting

BANGIL, Radar Bromo – Kesehatan merupakan hak asasi manusia sekaligus aset sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kontribusi besar dalam meningkatkan indeks pembangunan manusia. Karenanya, menjadi sebuah keharusan bagi semua pihak untuk melindungi, memelihara, dan meningkatkan kesehatan untuk kesejahteraan seluruh masyarakat

Keadaan gizi yang baik adalah investasi keluarga. Serta, prasyarat utama dalam mewujudkan SDM yang sehat dan berkualitas. Masalah gizi mem-booming pemberitaannya karena kasus stunting.

Stunting merupakan suatu kondisi gangguan pertumbuhan akibat kurangnya nutrisi secara kronis dan infeksi yang berulang. Terutama, di 1000 HPK, sehingga menyebabkan tinggi badan anak lebih pendek dari teman seusianya.

Sedangkan, gizi buruk merupakan suatu kondisi di mana anak kekurangan energi dan protein secara terus menerus dan dalam jangka waktu lama. Sehingga, berat badan menurut tinggi badan tidak sesuai standar WHO.

Kepala Puskesmas Raci dr. Taliffia Setya Haryantiwi mengatakan, pencegahan stunting adalah salah satu program prioritas kesehatan nasional. Karenanya, perlu upaya-upaya stategis dalam rangka penanggulangan dan mengeliminasi kasusnya.

Karenanya, Puskesmas Raci juga terus berupaya menurunkan, mengeliminasi gizi buruk, stunting, serta memperbaiki dan meningkatkan gizi masyarakat. Salah satunya melalui program Penanggulangan dan Penanganan Terpadu Eliminasi Gizi Buruk dan Stunting (Pandu Si Bunting).

“Ada sejumlah kegiatan yang digelar. Di antaranya, Gerakan Peduli ASI (Geli ASI). Di dalamnya ada kegiatan promosi atau kampanye ASI, pembentukan KP-ASI, konseling menyusui kepada ibu hamil dan ibu menyusui, serta sedekah katuk,” ujar Taliffia. (lel/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Maulid Nabi, Buah Impor di Probolinggo Lebih Banyak Diburu

Memasuki Maulid Nabi Muhammad SAW., permintaan buah segar, khususnya buah impor di Kota Probolinggo, meningkat.

15 Desa di Kab Probolinggo Masih Buruh Kiriman Air

Sebagian wilayah di Kabupaten Probolinggo, telah diguyur hujan. Namun, hal ini tidak mempengaruhi ketersediaan sumber air bersih untuk kebutuhan sehari-hari di wilayah terdampak kekeringan.

Pantai Permata Mulai Ramai, Pengunjung Wajib Patuhi Prokes

Libur panjang karena cuti bersama dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW., diperkirakan akan meningkatkan jumlah pengunjung sejumlah destinasi wisata.

SDM Pelaku Wisata di Probolinggo Perlu Ditingkatkan

Potensi wisata di Kabupaten Probolinggo, cukup banyak. Namun, pengelolaannya perlu terus ditingkatkan. Baik secara fisik maupun dari segi SDM pengelola.

Pemkab Probolinggo Ajukan 21 Raperda, Dibahas Tahun Depan

Pemkab Probolinggo, memiliki cukup banyak rancangan peraturan daerah (perda) yang perlu segera dibahas bersama DPRD.