Tak Anggarkan Renovasi Subterminal Tahun Ini

GADINGREJO – Wajah subterminal angkutan kota dipastikan tak ada perubahan. Pasalnya, Pemkot Pasuruan tidak akan melakukan renovasi fisik tahun ini. Meski tak ada renovasi, pemeliharaan pada aset ini tetap dilakukan.

Kabid Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pasuruan Samsul Arifin mengatakan, tahun ini Dishub tidak akan melakukan renovasi pada subterminal angkutan di Kebonagung dan Karangketug. Namun, pihaknya tetap akan melakukan pemeliharaan pada kedua aset milik pemkot tersebut.

“Tahun ini, kami tidak akan melakukan renovasi pada subterminal angkutan. Hanya berupa pemeliharaan saja. Total anggarannya sekitar Rp 37 juta,” katanya.

Samsul menjelaskan, anggaran puluhan juta tersebut diperuntukkan untuk pemeliharaan dua subterminal selama satu tahun. Namun, wujud pemeliharaannya tidak berupa pemeliharaan fisik, melainkan pembiayaan operasional.

Menurutnya, pembiayaan operasional itu berupa memberikan upah pada petugas kebersihan agar subterminal dalam keadaan bersih selama 24 jam. Serta, untuk membayar tagihan listrik dan mengganti lampu yang padam.

Ia mengaku, kedua subterminal tersebut semakin sepi penumpang. Sebab, mayoritas warga Kota Pasuruan lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk bepergian. Namun, Dishub tetap berusaha agar subterminal tetap dalam kondisi layak dan baik.

“Meski, selama ini angkutan kota sepi penumpang, namun tetap kami lakukan pemeliharaan agar kondisi subterminal tetap dalam keadaan baik,” tutur Samsul. (riz/fun)