Cegah Banjir, Warga Desak Sudetan di Sungai Masangan

KERAP MELUAP: Sungai masangan yang kerap meluap dan menyebabkan banjir ketika hujan. Warga berharap ada pembangunan sudetan untuk mengatasi persoalan tersebut. (Iwan Andrik/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

BANGIL – Warga Desa Masangan, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, mendorong pembangunan sudetan di sungai Masangan. Sudetan itu dibutuhkan untuk mencegah banjir yang kerap terjadi ketika musim hujan.

Kasun Masangan, Desa Masangan, Kecamatan Bangil, Sukisno menguraikan, Masangan merupakan salah satu daerah yang rentan banjir ketika musim hujan tiba. Penyebabnya, luberan air dari sungai Masangan.

“Kondisi tersebut sudah berlangsung bertahun-tahun. Ketika hujan tiba, warga ketar-ketir banjir melanda,” ungkapnya.

Karen itulah, perlu ada penanganan dari pemerintah. Supaya, banjir yang melanda setiap tahunnya itu bisa teratasi sepenuhnya.

Salah satu caranya, dengan pembuatan sudetan untuk sungai Masangan. “Kami berharap adanya pembangunan sudetan. Supaya, air sungai bisa terurai ketika volumenya naik,” tambahnya.

Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan Hanung Widya Sasangka menguraikan, pemkab sepakat jika hal itu bermanfaat bagi masyarakat. Hanya saja, pemkab butuh dukungan dari masyarakat untuk mewujudkannya.

Salah satunya, penyediaan lahan yang digunakan untuk jalur sudetan. “Kami setuju saja, kalau memang masyarakat membutuhkannya. Tapi, masyarakat juga harus mendukung. Mereka harus bisa merelakan tanahnya untuk dibuat sudetan,” pungkasnya. (one/fun)