Dari 164 Calon Jamaah di Tahun 2019, Kemenag Sudah Selesaikan 95 Persen Paspor

PROBOLINGGO – Meski musim haji 2019 masih lama, Kemenag Kota Probolinggo mempercepat pembuatan paspor untuk calon jamaah haji. Dari 164 CJH yang akan berangkat, sedikitnya sudah 95 persen sudah memiliki paspor. Adapun sisanya tinggal yang belum bisa dihubungi oleh petugas.

Hal itu disampaikan oleh Kasie Penyelenggaraaan Haji Kemenag Kota Probolinggo, Haris Hikmawan, Kamis (3/1) siang. Menurutnya, dari 164 JCH itu dimungkinkan bertambah lagi. Namun dari data terakhir, jumlah tersebut yang terdaftar.

Adapun mengenai persiapan paspor, pria yang akrab disapa Haris itu mengatakan bahwa sisanya terkendala lantaran para jamaah menyampaikan melalui telepon rumah. Namun banyak yang tidak bisa dihubungi. Sehingga staf dair kemenag melakukan penelusuran pada rumah yang bersangkutan agar segera mengurus persiapan keberangkatan.

“Kendalanya banyak telepon rumah yang tidak bisa dihubungi. Jadi staf kami masih mencari rumahnya untuk memberitahukan keberangkatanya,” bebernya.

Nantinya CJH tinggal mengurus secara mandiri paspor yang sebelumnya sudah dilengkapi administrasinya dari kemenag tentang pendaftaranya. Sehingga CJH tinggal datang ke imigrasi dengan membawa surat antrean. Dengan catatan harus tepat waktu. Jika tidak, CJH harus mengulang pendaftaranya ditempat pelayanan imigrasi dari awal.

“Melalui kemenag yang terkoneksi dengan pihak imigrasi Malang, pendaftarannya sudah kami kirimkan. Sehingga CJH tinggal menunggu jadwal yang sudah tertera dan dibagikan, Jika tidak datang pada jadwal yang telah ditentukan, maka CJH harus mengulang lagi dengan cara antre untuk daftar ditempat pelayanan imigrasi dari awal,” bebernya.

Disinggung masalah keberangkatan, Haris masih belum mengungkapkan tepatnya jatuh pada tanggal berapa. Kemungkinan memasuki bulan juni Juli sudah ada yang diberangkatkan. Oleh sebab itu maka ia berharap CJH segera mengurus segala sesuatu yang dibutuhkan, termasuk paspor. (rpd/fun)