Finishing Embung Welulang Bisa Habiskan Rp 4 Miliar, Ini Yang Bikin Banyak

BANGIL – Pembangunan Embung Welulang, Kecamatan Lumbang, belum sepenuhnya terselesaikan. Karena BBWS Brantas bakal melanjutkan pembangunan embung tersebut tahun depan dengan agenda finishing.

Nah, finishing ini, menurut Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan Hanung Widya Sasangka, bisa menghabiskan dana besar. Yaitu, sekitar Rp 4 miliar.

Dia menguraikan, pembangunan Embung Welulang dilakukan dua tahap. Tahap pertama, pengerukan lahan hingga pengecoran.

Tahap ke dua, dilakukan finishing, berupa perlengkapan sarana dan prasarana di sekitar embung. Seperti merapikan sarana pembuangan dan beberapa pekerjaan lainnya.

“Untuk tahap pertama, pelaksanaannya sudah. Tinggal tahap kedua, yang akan direalisasikan tahun depan,” kata Hanung.

Ia menambahkan, embung yang dibangun di atas lahan 4 hektare itu, didanai oleh BBWS untuk proyek fisiknya. Tahap pertama, menghabiskan Rp 5 miliar – Rp 6 miliar. Sementara tahap ke dua, diproyeksikan bisa menelan dana hingga Rp 4 miliar.

Pihaknya belum memastikan kapan tahap kedua akan direalisasikan. “Pelaksanaannya dimulai kapan, kami belum tahu. Yang jelas, akan dilanjutkan tahun depan,” urainya.

Embung Welulang sendiri akan difungsikan untuk konservasi dan penyediaan air baku serta irigasi. Dengan pembangunan embung tersebut, persoalan kekurangan air di wilayah Lumbang, diharapkan bisa teratasi. (one/fun)