Dewan Minta Pemkot Pasuruan Serius Selesaikan Persoalan Banjir

LANGGANAN: Banjir di kawasan Karangketug saat musim hujan tahun lalu. Dewan meminta agar pemerintah bisa mengatasi banjir yang menjadi persoalan klasik. (Dok. Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PURWOREJO – Musim hujan yang mulai datang, membuat DPRD Kota Pasuruan memberikan perhatian khusus pada masalah banjir di kota. Dewan mendorong Pemkot Pasuruan melakukan tindakan nyata untuk menyelesaikan masalah banjir di kota.

Seperti disampaikan Ketua Fraksi PKS Ismu Hardiyanto. Menurutnya, penanganan banjir di Kota Pasuruan belum maksimal. Banjir selalu diselesaikan secara parsial dan selalu menggunakan acuan plan A yang tidak ketemu solusinya. Yakni, areal sungai perbatasan menjadi kewenangan pusat dan provinsi.

Pihaknya berharap Pemkot mencoba plan B untuk menyelesaikan masalah banjir. Plan B ini dimungkinkan membutuhkan anggaran yang cukup besar. Namun, jika dirancang multiyears selama lima tahun, diprediksi masalah banjir akan jauh berkurang.

“Saya lihat tidak ada penanganan serius dari Pemkot. Kan bisa misalnya meninggikan area sekitar sungai, termasuk bantuan untuk meninggikan bangunan rumah warga. Soalnya bab banjir ini seperti menjadi agenda rutin tahunan di Kota Pasuruan,” katanya.

Ketua Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan Yanuar Afriansyah menjelaskan, pihaknya berupaya menangani banjir secara maksimal. Termasuk dalam hal keselamatan jiwa warga dan kebutuhan sehari-hari warga yang terdampak.

BPBD pun sudah menyiapkan tim SAR bersama relawan tanggap bencana. Termasuk melibatkan kader masing-masing kelurahan tangguh bencana untuk bersama-sama melaksanakan tanggap darurat bencana dan pascabencana. Sebab, masalah banjir harus ditangani bersama.

“Kami sudah koordinasi dengan Pemprov untuk menangani dampak banjir tahun lalu. Seperti tanggul yang mulai jebol dan pendangkalan kali Welang dan kali Petung. Termasuk melibatkan masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah di sungai,” jelas Yanuar. (riz/fun)