alexametrics
31.5 C
Probolinggo
Friday, 30 October 2020

Semangati Usaha Industri Kecil Menengah Agar Makin Baik

KADEMANGAN, Radar Bromo – IKM Award gelaran Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan, dan Perindustrian (DKUPP) Kota Probolinggo terus bergulir. Event hasil kerja sama dengan Jawa Pos Radar Bromo, ini memasuki tahapan presentasi.

Senin (2/9), ada 10 peserta dari 50 peserta yang melakukan presentasi di hadapan dewan juri di Kantor Jawa Pos Radar Bromo, di Jalan Soekarno Hatta, Kota Probolinggo. Acara presentasi juga dihadiri Kepala DKUPP Kota Probolinggo Gatot Wahyudi.

Gatot mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Pemkot Probolinggo terhadap masyarakat yang memiliki Industri Kecil Menengah (IKM). “Harapannya, setelah terpilih juara, bisa menjadi motivasi bagi IKM lainnya agar terus bisa memberikan yang terbaik,” ujarnya.

Menurutnya, IKM Award bukan hanya ajang untuk mencari pemenang. Namun, juga sebagai refleksi dan penilaian bagi semua pihak. “IKM Award ini juga sebagai ajang untuk membenahi kekurangan bersama. Sehingga, dapat memberi gambaran bagi kita dalam proses yang lebih baik,” ujar Gatot.

Memasuki tahapan presentasi, sejumlah masukan diberikan dewan juri. Salah satunya disampaikan General Manager Jawa Pos Radar Bromo sekaligus juri, H.A. Suyuti. Menurutnya, juri tidak hanya memberikan penilaian, namun juga memberikan arahan. Mulai dari manajemen pengelolaan kerja maupun keuangan.

Seperti disampaikan kepada IKM Gain Rahayu milik Siti Rahayu. IKM asal Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, ini bergerak di bidang produksi seprei, gorden, tas suvenir. Suyuti mengatakan, selain mengatur keuangan dan manajemen kerja, ada juga yang harus diperhatikan dalam mengembangkan bisnisnya, yakni kontrak kerja.

Menurutnya, kontrak kerja ini masuk manajemen pemasaran. IKM harus membuat kontrak kesepakatan pendistribusian dan target produksinya tertata rapi. “Penting membuat kesepakatan bersama rekan bisnis, lebih-lebih kesepakatan tertulis. Agar pengelolaannya rapi dan tertata,” ujarnya.

Peserta lainnya juga mendapatkan saran dari juri. Seperti disampaikan juri Sudarmanto kepada Friday Purnama pemilik IKM Day Art. Sudarmanto menyarankan agar batik tulis yang diproduksi Friday diberi nama daerah. “Agar konsumen bisa tahu kalau itu batik khas daerah,” ujarnya.

Setelah 10 peserta melakukan presentasi, hari ini juga akan ada 10 peserta lainnya. Masa presentasi ini akan dilakukan sampai 7 September. Setelah itu, akan dilakukan kunjungan lapangan ke 20 IKM yang dinyatakan lolos pada tahap berikutnya. (mg1/*)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Waspada Banjir di Kab Probolinggo, Dinas PUPR Pantau Pintu Air Ini

Mengingat hujan mulai turun, pemantauan pintu air lebih diintensifkan.

Sampah Sering Berserakan, Rencanakan TPS di Dekat Jembatan Krejengan

Keresahan warga Desa/Kecamatan Krejengan dan para pengendara yang melintasi jembatan di sana akan berakhir.

Long Weekend, Ketua PHRI: Okupansi Hotel di Pasuruan Naik 80 Persen

Okupansi hotel-hotel di Kabupaten Pasuruan naik hingga 80 persen, bahkan, diprediksi naik sampai hari Minggu nanti.

Polisi: Pelaku Curanmor di Petungasri Komplotan Spesialis

Para pelaku yang menggondol dua motor di Lingkungan Pasegan, Kelurahan Petungasri, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, terlihat cukup tenang ketika beraksi.

Tersisa Rehab 534 RTLH Belum Rampung di Kab Pasuruan

Sebanyak 2 ribu unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Pasuruan bakal dibedah tahun ini.