Radar Bromo

Dapat Kuota 3 Ribu Blanko, Pelayanan SIM Normal

PASURUAN – Penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Polres Pasuruan Kota dipastikan akan segera terealisasi. Itu setelah proses penerbitan sempat terkendala kekosongan material selama tiga pekan. Kini, Satlantas mendapatkan kuota 3 ribu blanko SIM dari Korlantas Mabes Polri.

Ribuan blanko SIM itu diterima Satlantas Polres Pasuruan Kota, Jumat (31/8) sore. Itu langsung digunakan untuk memenuhi tunggakan permohonan SIM yang telah habis sejak tiga pekan lalu.

Kanit Regident Satlantas Polres Pasuruan Kota Iptu Zainul Imam Syafi’i mengatakan, selama tiga pekan terakhir sudah ada sekitar seribu pemohon SIM. Namun, tidak seluruhnya merupakan pemohon SIM baru. Ada juga pemohon perpanjangan SIM. “Imbas dari kekosongan blanko material SIM itu, pemohon tidak bisa langsung menerima SIM dalam bentuk fisik,” ujarnya.

Namun, pihaknya selama ini memberikan resi sebagai tanda bukti pengurusan SIM. Dengan begitu, pemohon bisa menggunakannya sebagai pengganti SIM untuk sementara waktu. “Tiga pekan ini pemohon yang sudah dinyatakan lulus hanya mendapatkan resi. Namun, itu sudah bisa menjadi pengganti SIM saat berlalu lintas,” ujarnya.

Imam mengatakan, setelah blanko material SIM tersedia, pihaknya langsung menerbitkan tunggakan SIM-nya. Sisanya, akan digunakan untuk penerbitan SIM dalam beberapa pekan ke depan. “Karena setiap minggunya ada sekitar 200 pemohon. Kebanyakan pemohon perpanjangan SIM. Kalau blankonya habis akan kami ajukan kembali agar pelayanan tetap berjalan efektif,” ujarnya. (tom/rud)