Hii, Dari 5 PSK yang Terjaring, Satu Idap HIV/AIDS

SAMPEL: Petugas Dinkes Kabupaten Pasuruan mengambil sampel darah dari seorang PSK yang diamankan petugas Satpol PP Kabupaten Pasuruan. Satu PSK idap HIV/AIDS. (Iwan Andrik/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

BANGIL – Seorang PSK di Kabupaten Pasuruan diketahui mengidap HIV/AIDS. Kasus ini merupakan temuan baru atau belum terdata sebelumnya.

Temuan ini diawali dengan kegiatan Operasi Pekat yang dilakukan Satpol PP Kabupaten Pasuruan, Rabu (31/10). Hasilnya, lima PSK yang biasa mangkal di warung remang-remang diamankan.

Kasatpol PP Kabupaten Pasuruan Yudha Tri Widya Sasongko mengungkapkan, razia tersebut digelar di sejumlah titik di Kabupaten Pasuruan. Giat tersebut dimulai pukul 14.00 hingga 23.00.

Selama Operasi Pekat, petugas menyisir wilayah Pohjentrek, Wonorejo, Sukorejo, hingga Pandaan. Hasilnya, lima PSK berhasil diamankan.

“Kami mengamankan kelima PSK itu di wilayah Kedondong, Desa Sumbergedang, Kecamatan Pandaan serta di wilayah Sukorejo,” kata Yudha.

Mereka yang diamankan tersebut, kemudian digiring ke Mako Satpol PP Kabupaten Pasuruan untuk didata. Selain itu, mereka juga diperiksa kesehatannya dengan cara tes darah.

Hasilnya, diketahui satu di antara lima PSK yang diamankan mengidap HIV/AIDS. Satu-satunya PSK yang mengidap HIV/AIDS itu, menurut Yudha, merupakan temuan baru.

“Kami menggandeng Dinas Kesehatan untuk mengecek kesehatan para PSK ini. Hasilnya, ada satu yang terinfeksi HIV/AIDS,” jelasnya.

Tak hanya dilakukan tes kesehatan. Para PSK itu kemudian dibawa ke PN Bangil untuk disidang tipiring. “Untuk yang mengidap HIV/AIDS, nantinya ada pendampingan dari Dinkes,” sambungnya. (one/fun)