Cegah Banjir saat Penghujan, Gerebek Sampah di Kali Anak Wrati

GEMPOL – Saat musim hujan, Kali Anak Wrati di Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, selama ini sering meluap dan menimbulkan banjir. Itu, dikarenakan pendangkalan sungai dan banyaknya sampah yang mengganggu aliran sungai.

Kebiasaan buruk ini menjadi perhatian sejumlah kalangan. Minggu (30/9), sejumlah pihak turun ke sungai di Dusun Kebonsari, Desa Legok, Kecamatan Gempol, melakukan gerebek sampah. Ada dari pegiat lingkungan, Karang Taruna, Dinas Pengairan, dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan.

Warga dan sejumlah pelajar juga tak ketinggalan. Mereka ikut turun membersihkan sampah di sungai. “Tak hanya enceng gondok, sampah juga banyak ditemukan dan didapati di sungai ini. Warga dan elemen masyarakat turun ke sungai melakukan gerebek sampah,” ujar kepala DLH Kabupaten Pasuruan Muchaimin.

Sampah yang menumpuk di sungai dinaikkan. Sampah yang rata-rata berupa limbah rumah tangga itu diangkut menggunakan truk milik DLH. Kemudian, sampah itu dibuang ke TPA Desa Kenep, Kecamatan Beji.

“Adanya gerebek sampah ini paling tidak bisa mengurangi sampah di sungai. Sehingga, aliran airnya mengalir lancar dan tidak tersumbat dan menjadi penyebab banjir,” ujar Kepala Desa Legok Dawam Aly. (zal/rud)