Tinggal Hanura Belum Serahkan Perbaikan Berkas Pencalegan

MAYANGAN – Sampai Selasa (31/7), KPU Kota Probolinggo masih menunggu berkas perbaikan pen-caleg-an dari sejumlah parpol. Sampai Selasa (31/7) pukul 16.00, 13 parpol telah menyerahkan berkas perbaikan pen-caleg-an. Tinggal Hanura yang belum.

Tiga belas parpol ini, menurut Ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri, menyerahkan berkas perbaikan pen-caleg-an di waktu yang berbeda. Sampai Senin (30/7), delapan parpol yang sudah menyerahkan berkas pen-caleg-an. Yaitu, Partai Demokrat, PDIP, PKS, PAN, PPP, PKB, PSI, dan PBB. Delapan parpol itu pun telah menerima tanda terima.

Secara rinci, Partai Demokrat menyerahkan pada Jumat (27/7). Sedangkan PDIP menyerahkan pada Minggu (29/7). Sisanya, PKS, PAN, PPP, PKB, PSI, dan PBB menyerahkan berkas perbaikan pada Senin (30/7).

Dan sampai pukul 16.00, lima parpol menyusul menyerahkan berkas perbaikan. Antara lain, Gerindra, Perindo, Berkarya, Golkar, dan Nasdem.

”Tinggal Hanura yang belum. Kalau PKPI dan Garuda dari awal memang tidak menyerahkan berkas pen-caleg-an,” ujarnya.

Namun, KPU menurutnya, belum memverifikasi kelengkapan perbaikan berkas pen-caleg-an. “Kalau verifikasi berkas pen-caleg-an baru dilakukan mulai tanggal 1 sampai 7 Agustus 2018,” jelasnya.

Seperti diberitakan, pada proses verifikasi tahap pertama berkas pen-caleg-an yang dilakukan KPU, baru 40 persen dari 320 caleg yang telah sempurna. Sedangkan, 60 persen lainnya harus melakukan perbaikan selama masa perbaikan tanggal 21 Juli sampai 31 Juli 2018.

Batas akhir penyerahan berkas dilakukan pukul 00.00 tadi malam. Jika melebihi batas waktu masa perbaikan, maka bakal caleg akan dinyatakan tidak memenuhi syarat atau TMS. (put/hn/mie)


VERIFIKASI: Suasana penyerahan berkas pencalegan oleh parpol di Kota Probolinggo. (Dokumen Jawa Pos Radar Bromo)