alexametrics
25C
Probolinggo
Wednesday, 27 January 2021

Rp 7,7 M untuk Rehab 4 Puskesmas di Kab Pasuruan

BANGIL, Radar Bromo – Empat Puskesmas di Kabupaten Pasuruan direhab di akhir tahun. Dana miliaran rupiah digelontorkan, untuk peningkatan sarana dan prasarana puskesmas tersebut.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan Ani Latifa mengatakan, belum semuanya kondisi puskesmas di Kabupaten Pasuruan, memadai. Padahal, keberadaan puskesmas sangatlah penting bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Ada yang tergenang banjir ketika hujan melanda. Ada pula, bangunannya yang sudah usang sehingga membutuhkan penanganan,” ujar Ani kepada Jawa Pos Radar Bromo.

Upaya untuk meningkatkan sarana dan prasarana gedung puskesmas itupun, terus dilakukan. Tahun ini, ada empat puskesmas di Kabupaten Pasuruan yang mendapat pembenahan.

Keempat Puskesmas tersebut, yakni Puskesmas Bangil, Raci, Beji dan Tosari. Pembenahan Puskesmas tersebut, digelontor antara Rp 1,7 miliar hingga Rp 2,5 miliar untuk tiap-tiap puskesmas. Total anggaran yang dialokasikan, mencapai Rp 7,7 miliar. “Masing-masing dilakukan rehab berat,” sampainya.

Sejauh ini, proses pembangunan keempat gedung puskesmas tersebut, masih dalam proses pembangunan. Bahkan, hampir dituntaskan. “Prosesnya sudah berjalan 90 persen. Pertengahan Desember, sudah harus diselesaikan,” bebernya.

Anggaran rehab empat puskesmas itu sendiri memanfaatkan anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). (one/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU