Jalan Rembang-Sumberglagah Rusak Parah

REMBANG, Radar Bromo – Warga Desa Rembang, bertahun-tahun dibuat tak nyaman dengan kondisi jalan kampung setempat. Sebab, jalan penghubung kampung Desa Rembang dengan Sumberglagah, Kecamatan Rembang, itu rusak parah.

Padahal, jalur tersebut dinilai penting untuk akses penghubung desa. Serta, jalur ekonomi karena banyak lahan pertanian di sekitarnya.

Menurut Sholeh, salah satu warga Rembang, sudah lebih dari lima tahun lamanya jalan setempat rusak. Kondisi aspal mengelupas, sehingga membuat warga tak nyaman untuk melintasinya.

Belum lagi ketika hujan melanda. Jalanan menjadi licin, sehingga membahayakan pengendara. “Kami sudah lama merasakan kondisi jalan yang tak nyaman ini,” akunya.

Bukan hanya jalan yang dipersoalkan. Karena jembatan setempat juga dikeluhkan. Jembatan yang hanya 3 meter itu, dinilai terlalu sempit.

Sehingga, perlu ada pelebaran. Karena menjadi akses kendaraan roda empat. “Jembatannya hanya cukup untuk satu kendaraan. Kami berharap ada pelebaran,” sambungnya.

Ia berharap pemerintah daerah bersikap. Supaya, jalan penghubung jalan antardesa itu bisa dibenahi. Sehingga, tidak membahayakan bagi pengendara.

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan M Rifki Hatta menyampaikan, usulan akan perbaikan jalan dan jembatan setempat sudah dilakukan ke pemkab. Proyeksinya, tahun ini ada penanganan. “Perbaikannya akan dilakukan melalui anggaran APBD 2020. Untuk jalan, rencananya akan dipaving,” ulasnya.

Di sisi lain, Kabid Perencanaan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan Eko Bagus mengungkapkan, masih akan mengecek apakah jalan tersebut masuk pembenahan tahun ini. “Yang jelas, akan kami tangani. Tapi, kami akan cek dulu. Apakah penanganannya masuk tahun ini atau tidak,” jelasnya. (one/mie)