Terimbas Korona, Penilaian Adipura Tak Jelas

BANGIL, Radar BromoDampak pandemi Covid-19 dirasakan di berbagai sektor. Termasuk dalam pengelolaan lingkungan. Sampai sejauh ini, belum ada kejelasan terkait penilaian Adipura di Kabupaten Pasuruan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan Heru Ferianto mengungkapkan, pihaknya belum memperoleh informasi jelas terkait kelanjutan Adipura. Padahal, saat waktu normal tidak ada korona, bulan-bulan ini sejatinya sudah masuk penilaian Adipura. “Kenyataannya hingga sekarang, proses itu tidak ada. Kami juga belum mengetahui sejauh mana prosesnya,” jelas Heru.

Menurut Heru, dokumen untuk penilaian Adipura tengah disiapkannya. Pihaknya pun menunggu tim penilai Adipura melakukan peninjauan.

Namun, kenyataannya hingga sekarang tidak jelas pelaksanaannya dilakukan. Hal ini yang membuat Heru tak mengetahui pasti, apakah penghargaan Adipura tahun ini ada atau malah dihentikan oleh pusat lantaran terdampak korona.

Karena seharusnya, proses demi proses, bulan-bulan ini dilakukan. “Biasanya penghargaannya kan September sudah diumumkan. Sebelum pengumuman itu, peninjauan dilakukan. Tapi, sampai sekarang (akhir Juli), tidak ada,” sambung dia. (one/mie)