alexametrics
30 C
Probolinggo
Tuesday, 1 December 2020

Libur Panjang, Pemkab Pasuruan Imbau ASN Tak Bepergian

BANGIL, Radar Bromo – Libur panjang minggu ini diprediksi akan meningkatkan kunjungan wisata. Pemerintah daerah pun berusaha mengantisipasi dengan mengeluarkan imbauan pada warganya agar tidak bepergian.

Imbauan ini disampaikan Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, baik pada ASN, maupun masyarakat. Imbauan disampaikan melalui Surat Edaran tentang Antisipasi Penyebaran Corona Virus Disease-19 pada libur dan cuti bersama tahun 2020.

Bupati Irsyad saat ditemui Jawa Pos Radar Bromo menegaskan, surat edaran tersebut dikeluarkan untuk meneruskan instruksi Mendagri sebagai langkah pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19. Dalam edaran tersebut, Bupati mengimbau kepada ASN dan masyarakat agar selama libur dan cuti bersama ini, tidak melakukan perjalanan dan tetap berkumpul bersama keluarga. Tujuannya agar sama-sama bisa menjaga diri.

“Terutama kami tegas kepada ASN agar tidak berpegian dan melaksanakan semua dalam surat edaran tersebut,” terangnya.

Meski demikian, tidak ada larangan tempat wisata buka. Hanya, Pemkab melakukan pengetatan terhadap kegiatan masyarakat, termasuk tempat wisata.

“Karena biasanya tempat wisata menjadi sasaran tempat libur. Sehingga tempat wisata wajib melaksanakan protokol kesehatan, termasuk membatasi kapasitas. Jarak dan proporsi pengunjung harus diperhatikan dan tidak dilos,” terangnya.

Sementara untuk kegiatan Maulid Nabi, diimbau agar dilaksanakan di lingkungan masing-masing. Namun, tetap ketat menerapkan protokol kesehatan.

Bupati pun meminta ada monitoring pelaksanaan protokol kesehatan dari Satpol PP dan Gugus Tugas di tempat wisata. “Kalau ada pelanggaran yang bisa mengkhawatirkan keselamatan pengunjung akan ada evaluasi, bahkan sanksi,” tegasnya.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pasuruan mengatakan, mulai kemarin (27/10) tim Satgas Pariwisata sudah melakukan monitoring dan memantau tempat wisata secara acak. Tujuannya untuk memantau penerapan protokol kesehatan.

“Semua tempat wisata wajib menjalankan protokol kesehatan sesuai SOP. Selain membatasi hanya maksimal 50 persen pengunjung , juga semua wajib masker, ada tempat cuci tangan, cek suhu tubuh dan di dalam tempat wisata juga ada social distancing,” tutunya.

Diakui, biasanya libur panjang akan lebih banyak masyarakat yang datang ke tempat wisata. “Namun, melihat tren beberapa bulan ini, jumlah pengunjung belum maksimal karena ada rasa takut terhadap pandemi ini,” terangnya. (eka/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Dari 5 Pendonor, Hanya Dapat 3 Plasma Konvalesen

Dari 20 calon donor plasma konvalesen di Kabupaten Probolinggo, hanya 5 calon donor yang lolos screening. Namun, dari 5 calon donor itu hanya 3 orang yang diambil plasma konvalesennya.

Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka untuk Sekolah Zona Hijau-Kuning

Pemkab Probolinggo memastikan mengikuti kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI untuk memulai pembelajaran tatap muka pada 2021.

Rusak, Rehab Jalan Gununggangsir-Karangrejo Diusulkan Tahun Depan

Kondisi ruas jalan di Desa Gununggangsir, Kecamatan Beji tersebut alami kerusakan.

Tahap Awal Penjurian Kampung Hebat Sudah Ketat

Selanjutnya akan dipilih nominator terbaik untuk melakukan presentasi dan kunjungan lapangan.

Bunda PAUD Hadiri Pelantikan Pengurus Himpaudi Kab Pasuruan

Sebanyak 14 Anggota pengurus daerah Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Pasuruan masa bhakti 2019 – 2023, resmi dilantik.