alexametrics
24.3 C
Probolinggo
Sunday, 6 December 2020

Ada 9 Pengajuan Santunan Meninggal karena Covid-19 di Kab Pasuruan

BANGIL, Radar Bromo – Sampai Selasa (27/10), rencana pemerintah pusat untuk memberikan santunan kepada keluarga pasien positif Covid-19 yang meninggal, belum diberikan. Meski begitu, sudah ada keluarga pasien yang mengajukan ke Dinas Sosial (Dinsos) setempat. Sejauh ini, sudah ada 9 pengajuan dari keluarga ahli waris.

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) pada Dinas Sosial setempat Mahmuda Nur mengatakan, santunan kepada korban yang meninggal positif Covid-19 merupakan program dari Kementerian Sosial. Santunan akan diberikan sebanyak Rp 15 juta kepada ahli waris atau keluarga yang ditinggalkan.

“Jadi dari Dinsos mendapatkan data berapa pasien yang positif Covid-19 dan meninggal dari Dinkes. Baru kami lakukan verifikasi baik ke Kecamatan sampai Desa diteruskan ke keluarga untuk melengkapi administrasi pengajuan ke Pusat,” terang Nur Mahmuda.

Data pasien positif Covid-19 yang meninggal di Kabupaten Pasuruan sampai Agustus lalu tercatat ada 85 pasien. Dari jumlah tersebut dikatakan baru 9 yang melengkapi data administrasi untuk pengajuan santunan ke Pusat.

Sementara data September–Oktober, tercatat ada 53 pasien meninggal Covid-19 di wilayah setempat. Namun, juga belum ada pengajuan.

Mahmuda sendiri belum mengetahui, kenapa pengajuan santunan yang masuk masih sedikit. “Data pengajuan sementara yang kami usulkan ke pusat masih 9. Namun dari informasi, santunan sebesar Rp 15 juta memang belum turun,” terangnya.

Nantinya pencairan langsung diberikan dari Pusat ke nomor rekening ahli waris yang sudah diajukan dalam kelengkapan administrasi.

Mahmuda mengatakan belum mengetahui kenapa pengajuan santunan masih sedikit. Mungkin dari keluarga masih belum sempat mengurus ke Dinsos. Sedangkan untuk pengajuan harus melengkapi dengan surat keterangan meninggal Covid-19 dari RS, Surat keterangan sebagai Pasien Positif Covid, hasil swab, Akta Kematian dari Dispendukcapil. Serta surat keterangan ahli waris dan nomor rekening ahli waris. (eka/mie)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Giliran Temukan Pintu Besi Bermotif Bunga di Goa Jepang

Temuan penting kembali didapati tim ekskavasi di Goa Jepang di Desa Watukosek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

BERITA TERBARU

Stok Garam di Kab Pasuruan Masih Tersisa 2.200 Ton

Sampai awal Desember ini, stok garam hasil produksi petambak garam di Kabupaten Pasuuran belum seluruhnya terserap pasar.

Hewan Ternak Rentan Sakit Ini saat Musim Hujan

Musim hujan yang mengguyur Kabupaten Probolinggo sejak beberapa waktu lalu berpengaruh terhadap kesehatan hewan ternak.

Tekan Covid-19; Disiplin 3M Sama Pentingnya dengan Vaksin

Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan masih menjadi keharusan, meskipun program vaksinasi nantinya telah dijalankan.

Terdampak Pandemi, Pilot pun Nyambi Bisnis Online Shop

pilot maskapai penerbangan nasional ini mengaku, pendapatannya berkurang 30 persen sejak pandemi.

Musim Hujan, Saatnya Mulai Waspadai Demam Berdarah Dengue

Dinkes Kabupaten Probolinggo mengimbau agar masyarakat tak abai terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).