Prediksi Hujan Lokal di Pasuruan sampai Awal Mei

BANGIL, Radar Bromo – Masuk akhir Maret ini, intensitas hujan di Kabupaten Pasuruan sudah mulai turun. Meski begitu, BPBD Kabupaten Pasuruan memprediksi potensi hujan lokal masih akan terus terjadi sampai awal Mei mendatang.

“Memang untuk hujan sudah mulai berkurang. Namun, potensi hujan lokal diprediksi masih terus terjadi sampai awal Mei mendatang,” terang Tectona Jati, Plt kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan.

Lantaran itu, BPBD pun mengimbau masyarakat masih terus waspada. Meskipun hujan sudah mulai jarang. Namun, potensi bencana seperti banjir, angin kencang, sampai longsor masih berpotensi terjadi.

BPBD sendiri selama ini terus memantau prakiraan cuaca dari BMKG. Dan memang saat ini potensi hujan memang sudah mulai melandai.

“Adapun hujan hanya hujan lokal yang tiba-tiba datang. Namun, tetap potensi bencana seperti banjir meskipun kecil masih bisa terjadi. Dan di dataran tinggi potensi longsor sampai angin kencang masih bisa terjadi,” ujarnya.

Saat ini hujan memang cenderung tidak merata. Untuk intensitas hujan masih dikisaran 50-70 mm per hari. Namun, karena cenderung tidak merata, hujan ini tidak sampai mengakibatkan luapan air terutama dari dataran tinggi.

“Namun, minggu lalu sempat ada hujan di Lumbang dan turun ke bawah, sempat ada luapan air di Winongan. Tapi, intensitas kecil dan cepat surut,” terang Tectona.

Kendati begitu, Tecto –sapaan akrabnya- tetap mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dan waspada. Terutama di wabah korona saat ini. Agar tetap menjaga kesehatan dan menjaga pola hidup sehat. (eka/mie)