Anggarkan Rp 1 M untuk Drainase TPA Kenep di Beji

BEJI, Radar Bromo– Pembangunan drainase di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kenep, Kecamatan Beji, bakal direalisasikan tahun ini. Dana sebesar Rp 1 miliar, disiapkan untuk merealisasikan rencana itu.

Kepala DLH Kabupaten Pasuruan Heru Ferianto mengatakan, pembangunan drainase diperlukan agar air hujan yang tertampung ke kawasan TPA, tidak berdampak kepada masyarakat. Selain ancaman longsor juga untuk menghindari luberan air ke permukiman warga.

Saat ini drainase di wilayah setempat memang minim. Bahkan, untuk kawasan TPA, nyaris tidak tersedia. “Makanya, kami usulkan pembangunan drainase serta sebagian pagar untuk kawasan TPA,” terang Kabid Persampahan DLH Suprapto.

Ia menambahkan, anggaran untuk pembangunan drainase itu dialokasikan Rp 1 miliar. Dana tersebut bersumber dari DBHCHT 2020. Anggarannya sempat di-pending. Namun, akhirnya bisa dipergunakan. “Bahkan saat ini sudah kami usulkan untuk lelang pelaksana,” imbuhnya.

Menurutnya, pembangunan drainase itu akan menjadi awal dalam penanganan sampah di TPA Kenep. Sebab, setelah drainase dipasang, gunungan sampah di TPA Kenep akan diratakan.

“Pemangkasan sampah belum bisa dilakukan maksimal karena masih menunggu pembangunan drainase,” bebernya. (one/mie)