Rehab Jalan Orobulu-Rembang Bakal Dilanjutkan

BANGIL, Radar Bromo – Kebijakan refocusing anggaran tak akan membuat rencana rehab jalan Orobulu, Kecamatan Rembang, batal dilakukan. Meski sedikit terganggu, jalan penghubung Rembang-Orobulu tersebut tetap akan direalisasikan.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan Hanung Widya Sasangka. Menurutnya, kebijakan refocusing anggaran memang membuat pihaknya melakukan pemangkasan besar-besaran. Sebab, anggaran untuk perbaikan jalan sebagian harus dialihkan untuk penanganan Covid-19.

Namun, ia meyakinkan tidak semua rencana jalan yang akan dibenahi, batal dilakukan. Salah satunya, jalan Orobulu-Rembang yang tahun ini akan didandani.

“Ada beberapa pekerjaan yang dicoret memang. Karena harus dialihkan untuk penanganan korona. Tapi, untuk Orobulu-Rembang, masih bisa dijalankan,” sampainya.

Hanung mengakui, kondisi jalan setempat rusak parah. Aspalnya mengelupas dan berlubang. Ketika hujan, jalannya pun menggenang.

Untuk itulah diperlukan pembenanan. Supaya bisa membuat pengendara nyaman dan aman. Menurut Hanung, rehab jalan setempat akan digelontorkan dana hingga Rp 800 juta.

Dananya bersumber dari DBHCHT 2020. “Rencananya, akan dipaving. Sekarang, masih proses lelang,” jelasnya. (one/mie)