Jalan Depan Alun-Alun Bangil Hanya Akan Ditambal

BANGIL, Radar Bromo – Kondisi jalan berlubang dan bergelombang di jalur protokol Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, dikeluhkan warga. Syukur, Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BBPJN) memastikan jalan di sekitar Alun-alun Bangil, ini akan diperbaiki pekan depan.

Kondisi jalan berlubang di jalan utama Bangil, sejatinya sudah terasa sejak dari Desa Latek, Kecamatan Bangil. Namun, terparah berada di depan Swadesi Bangil sampai ke arah Alun-Alun Bangil. Karenanya, kondisi ruas jalan di Jalan Untung Suropati, ini sering dikeluhkan pengendara.

Warga Bendomungal, Kecamatan Bangil, Kurniawati, 28, mengatakan, kondisi jalan berlubang dan bergelombang di jalan depan Alun-alun Bangil, cukup mengganggu. “Soalnya jalan di sana padat. Untuk roda dua sering kali tidak tahu di depannya ada lubang, karena tertutup kendaraan. Jadi, sering kaget ketika tahu roda terkena lubang di jalan,” ujarnya.

Menurutnya, lubang di jalan Swadesi ke Alun-alun Bangil, cukup banyak dan dalam. Kondisinya sangat membahayakan, terutama terhadap pengendara yang kurang bisa menguasai kendarannya.

Hal senada dingkapkan Firmawan, 35, warga Kersikan, Kecamatan Bangil. “Lubangnya lumayan dalam hingga 20 sentimeter. Kalau kena, ya kaget, soalnya motor bisa terpental,” ujarnya.

Terpisah, Pejabat Pembuat Komitmen BBPJN VIII wilayah Gempol-Pasuruan-Probolinggo Rudi Napitupulu, memastikan akan segera memperbaiki jalan tersebut. “Mulai awal tahun ini sudah ada tim yang menyusuri jalan-jalan yang rusak atau berlubang mulai Probolinggo sampai Pasuruan. Untuk yang lubang segera akan kami tambal,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini pengerjaan pemeliharaan jalan masih berada di Desa Raci, Kecamatan Bangil sampai Desa Latek, Kecamatan Bangil. Diperkirakan, jalan berlubang di area sekitar Alun-alun Bangil, akan diperbaiki minggu depan. “Kami targetkan minggu depan sudah mulai perbaikan jalan di sana dan segera ditutup agar pengendara nyaman kembali melintas di sana,” ujarnya. (eka/rud)