alexametrics
30.2 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Tangkapan Terus Meningkat, Dua Tahun Tidak Ada Penebaran Benih Ikan

BANGIL, Radar Bromo – Harapan Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan agar ada restocking atau penebaran benih ikan dari Pemprov Jawa Timur, tahun ini sepertinya akan pupus. Sebab, memasuki pertengahan tahun belum ada kepastian usulannya akan dikabulkan atau tidak.

Kepala Bidang Kenelayanan Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan Alamsyah Supriadi mengatakan, penebaran benih ikan merupakan salah satu cara menjaga pemulihan sumber daya ikan. Karenanya, penebaran benih ini penting demi menjaga agar stok ikan tetap bertambah. “Ini karena jumlah penangkapan ikan setiap tahun trennya selalu bertambah. Sehingga, salah satu cara untuk menjaga sumber daya ikan dengan restocking,” ujarnya.

Karena sejak 2017 urusan kelautan diambil alih Pemprov, yang menyebarkan benih ikan di lautan juga menjadi kewenangan Dinas Kelautan Pemprov Jawa Timur. Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan, juga sudah mengusulkan agar tahun ini ada restocking. “Sampai Juni ini ternyata belum ada informasi. Sepertinya memang tidak ada, dimungkinkan karena ada refocusing (anggaran),” ujarnya.

Bila tahun ini tidak ada, tercatat dua tahun tidak ada penebaran benih ikan di perairan laut Kabupaten Pasuruan. Dengan tidak adanya restocking, dipastikan akan berpengaruh pada jumlah ikan. Apalagi, nelayan rutin menangkapnya dan setiap tahun selalu bertambah.

Program restocking pernah dilakukan pada 2018. Saat itu ada 25.000 benih ikan jenis kakap yang disebarkan di laut Kabupaten Pasuruan. “Karena sudah dua tahun ini tidak ada, tahun depan semoga ada penebaran benih dari Provinsi,” harap Alamsyah.

Dari data Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan, jumlah nelayan di Kabupaten Pasuruan mencapai 9.977 orang. Hasil tangkapannya juga terus meningkat. Pada 2017 jumlah tangkapan ikan mencapai 18,686 ton. Pada 2018 naik menjadi 21.390,9 ton dan tahun kemarin mencapai 24.328,9 ton. (eka/rud)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Intens Monitoring Lokasi Bencana Longsor di Akhir Tahun

Potensi bencana saat musim hujan perlu diwaspadai. Salah satunya tanah longsor.

Puskesmas Sumber Imunisasi Siswa saat Pandemi

Sejak November, Puskesmas Sumber mulai melaksanakan bulan imunisasi anak sekolah (Bias) di wilayah kerjanya.

Dua Dara Atlet Anggar Kota Probolinggo Incar Perunggu PON Pelajar

Dua atlet anggar Kota Probolinggo, sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti PON Pelajar 2021.

Stok Blangko E-KTP di Kab Pasuruan Dapat Tambahan 20 Ribu

Kabar gembira bagi warga Kabupaten Pasuruan yang hendak mengurus KTP elektronik (e-KTP).

Ketua Dewan Siap Jadi Orang Pertama Uji Coba Vaksin

Andi Suryanto Wibowo, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo mengaku siap menjadi orang pertama di Probolinggo yang divaksin Covid-19.