Ada Usulan Kurangi Rapat, Perbanyak Action untuk Perangi Korona

BANGIL, Radar Bromo – Rapat yang digelar Pansus DPRD dengan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Senin (20/4) dapat sorotan dari internal dewan. Kerapnya rapat, dinilai bisa menghambat kinerja Satgas Percepatan Penanganan Covid-19.

Hal itu seperti diungkapkan Rudi Hartono, anggota dewan asal PKB. Dalam rapat itu, ia malah mengkritik teman-temannya di pansus. Ia meminta agar Pansus tidak hanya menggelar rapat dengan mengundang Satgas. Ia meminta, Pansus untuk memberi kesempatan terhadap Satgas untuk bekerja.

“Kalau hanya rapat-rapat terus, kapan Satgas bisa bekerja. Beri kesempatan dulu Satgas untuk bekerja, baru kemudian dipanggil untuk memaparkan hasil kerjanya,” kata Rudi.

Menurut Rudi, kinerja Satgas memang belum banyak terlihat. Karena banyak masyarakat yang belum merasakan dampak dari kinerja Satgas. Terutama untuk yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Untuk itulah, ia berharap Pansus tidak hanya sekadar menggelar rapat. “Rapat seperti ini memang penting. Tapi, harus dengan jeda waktu yang cukup panjang. Supaya, Satgas benar-benar bisa bekerja. Jangan sedikit-sedikit rapat, sedikit-sedikit rapat. Lalu, kapan kerjanya Satgas,” terangnya.

Pernyataan Rudi, mendapat aplaus dari sejumlah peserta rapat nondewan. Ketua Pansus Penanganan Covid-19 DPRD Kabupaten Pasuruan M. Zaini mengungkapkan, rapat tersebut digelar sejatinya untuk menagih janji-janji Satgas.

Termasuk pemaparan rencana kinerja yang akan digelar Satgas. Sebab, pada rapat 9 April sebelumnya, belum ada pemaparan yang gamblang terkait anggaran yang dialokasikan.

Begitupun dengan rapat kedua, 13 April hampir sama, pemaparan yang dilakukan kurang jelas terkait perencanaan yang akan dilakukan dalam penanganan Covid-19. “Kami menagih janji terkait perencanaan yang akan dilakukan Satgas,” beber dia.

Zaini meminta Satgas untuk mempersiapkan perencanaan secara matang pada rapat berikutnya. “Kami ingin Satgas benar-benar menyiapkan perencanaannya dan hasil kerjanya, ketika rapat selanjutnya,” tutur dia. (one/mie)