Baru 755 CJH Kab Pasuruan Kumpulkan Paspor

PASURUAN, Radar Bromo – Paspor calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Pasuruan awalnya ditarget harus terkumpul akhir 2019 lalu. Namun, sampai Senin (20/1), masih tercatat 755 CJH yang sudah mengumpulkan paspor.

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan menargetkan, akhir Januari ini sudah terkumpul 100 persen.

Imron Muhadi, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kabupaten Pasuruan menyebutkan, saat ini telah keluar estimasi jumlah CJH di Kabupaten Pasuruan tahun 2020 sebanyak 1.454 kuota. Nah, dari jumlah estimasi itu, baru 755 atau 50 persen mengumpulkan paspor.

“Target kami, untuk kelengkapan administrasi termasuk paspor bisa segera selesai. Harapannya, Januari ini semua bisa terkumpul semua paspor CJH yang sudah terdata,” jelas Imron.

Menurut Imron, sosialisasi pengumpulan paspor ini sudah dilakukan sejak pertengahan November 2019 lalu. Setelah keluar data estimasi jamaah haji untuk tahun 2020.

Selain mengumpulkan lembar murah, Kemenag meminta CJH segera membuat paspor dan mengumpulkan paspor ke Kemenag. Hal ini untuk mengantisipasi jika ada permasalahan teknis, seperti salah nama ejaan. Sehingga, bisa mengurus segera ke Pengadilan Agama.

“Selain paspor yang terkumpul, terdata sudah ada 987 CJH yang meminta rekom paspor untuk haji. Dan sebagian sudah mengurus paspor dan mengumpulkan ke Kemenag,” terangnya.

Harapannya, CJH juga proaktif segera membuat paspor. Sehingga, untuk proses administrasi bisa segera selesai sebelum ada jadwal pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH).

Tahun ini CJH Kabupaten Pasuruan dipastikan masuk gelombang pertama kloter 35,36 dan 37 dan prediksi berangkat awal Juli mendatang. (eka/mie)