alexametrics
26.4 C
Probolinggo
Tuesday, 27 October 2020

Kuartal Kedua Realisasi PAD dari Pasar Daerah 65,54 Persen

BANGIL, Radar Bromo – Aktivitas jual-beli di pasar daerah wilayah Kabupaten Pasuruan sejauh ini memang masih terdampak Covid-19. Meski begitu, realisasi penerimaan retribusi dari pasar daerah masih tergolong bagus.

Tercatat sampai kuartal kedua kemarin sudah mencapai Rp 2,596 miliar atau 65,54 persen dari target.

Plt Kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan Yudha Triwidya Sasongko mengatakan, setelah Perubahan APBD (P-APBD), target retribusi PAD dari Pasar Daerah tidak ada pengurangan.

Sehingga sampai akhir tahun nanti tetap ditarget meraih Rp 3,962 miliar. “Untuk target retribusi pasar daerah tidak ada penurunan sampai akhir tahun nanti. Sehingga, tetap ditarget hingga Rp 3,962 miliar,” terang Yudha.

Menurutnya, kegiatan jual-beli pasar memang sempat terimbas di awal pandemi Covid-19. Sebab, takut terkait wabah, tak sedikit pedagang yang tidak berjualan termasuk masyarakat ada yang jarang ke pasar karena takut dengan kerumunan.

“Sehingga, penurunan kegiatan jual beli di Pasar Daerah terasa terimbas pada bulan akhir Mei sampai Juni lalu,” jelasnya.

Namun, sejak Juli dikatakan, 14 pasar daerah yang dikelola Pemkab Pasuruan sudah mulai normal kegiatan jual belinya. Bahkan, saat ini dikatakan sudah mulai normal kembali.

Dari Disperindag juga terus mengingatkan agar pedagang dan juga pembeli terus menerapkan protokol kesehatan. Termasuk ketersediaan tempat cuci tangan juga dipasang di tempat yang strategis.

Dengan penerimaan sementara ini Rp 2,596 miliar, Diperindag tetap optimistis target sebesar Rp 3,962 miliar bisa tercapai sampai akhir tahun nanti.

Di Kabupaten Pasuruan ada 14 pasar tradisional. Dari retribusi tersebut sesuai dengan Perda Nomor 7 Tahun 2012 tentang Retribusi Pelayanan Pasar ada retribusi harian, ponten, sampai retribusi bongkar muat.

Sedangkan untuk retribusi pedagang dipengaruhi oleh luas kios termasuk jenis barang dagangan yang dijual. (eka/mie)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Usai Donor Darah, Bold Riders-Super Soccer Pasuruan Tanam Pohon

Tanaman kayu putih dipilih karena ini adalah tanaman obat.

Jualan Buah di Jl Juanda, Putri Polisi Dijambret, Ini Modusnya  

Korban melaporkan pelaku yang saat itu mengendarai sepeda motor Honda Vario merah.

Innalillahi, Pulang Kerja, PNS Pemkab Pasuruan Tewas Tertabrak Truk Tronton

Sore itu, Slamet Supriyanto hendak pulang ke rumahnya usai bekerja. Ia mengendarai motor Honda Vario bernopol N 2175 TBL dari arah utara ke selatan.

Kaliputih Sumbersuko Gempol Kembali Tercemar Busa Berlimpah

Kondisi sungai tercemar busa itu bukan kali ini terjadi. Pada pertengahan Agustus lalu, kondisi serupa juga pernah terjadi.

Komunitas Difabel Antusias Ikuti Donor Darah Bold Riders Probolinggo

Dalam aksi sosial ini, Difabel Motorcycle Indonesia (DMI) Probolinggo turut serta menjadi pendonor.