Rencana Pembangunan Pagar TPA Kenep Tunggu Lelang

OVERLOAD: Kondisi TPA Kenep yang saat ini overload. Tahun ini pemkab setempat berencana membangun pagar di TPA setempat untuk antisipasi sampah meluber ke permukiman. (Jawa Pos Radar Bromo Photo)

Related Post

BEJI, Radar Bromo – Pemkab Pasuruan tahun ini berencana untuk membangun pagar di tepian TPA Kenep. Pagar ini dimaksudkan untuk menghindari luberan sampah ke kawasan permukiman.

Sayangnya, hingga kini rencana itu belum direalisasikan. Padahal, batas waktu penggunaan anggaran semakin mendekati akhir.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan Heru Ferianto menguraikan, ada dua pekerjaan yang akan direalisasikan tahun ini di TPA Kenep, Kecamatan Beji. Selain pembangunan pagar penahan sampah, juga pembangunan drainase di pintu masuk dan area TPA.

Dana hingga Rp 1 miliar disiapkan. Hanya memang, belum dijalankan karena masih menunggu proses lelang diselesaikan. “Masih menunggu proses lelang diselesaikan,” tukasnya.

Ia menambahkan, waktu pengerjaan drainase dan pagar TPA Kenep dilangsungkan hingga setidaknya tiga bulan. Meski belum dijalankan, ia mengancang-ancang pekerjaan tersebut diproyeksikan bisa dijalankan akhir September.

Meski waktu mepet, pihaknya meyakini pembangunan drainase serta pagar TPA Kenep bisa diselesaikan. “Karena pekerjaannya, banyak memanfaatkan material pabrikan. Sehingga, tinggal pasang,” paparnya.

Seperti yang diungkapkan Heru, pembangunan drainase dibutuhkan untuk mencegah genangan air di TPA setempat ketika hujan melanda. Sebab, genangan air itu rentan masuk ke permukiman warga. Sehingga, bisa mengganggu lingkungan setempat.

Bahkan, berisiko gangguan kesehatan. Karena bisa menjadi sarang nyamuk. Sementara, pembangunan pagar akan dilakukan untuk mencegah longsoran sampah. Terutama, sampah yang mengarah ke jalan tol. (one/mie)