Dapat Kucuran Rp 32 M Kompensasi Megaproyek Umbulan, Ini Peruntukannya

BANGIL, Radar Bromo – Kabupaten Pasuruan bakal mendapatkan suntikan dana besar dari Pemerintah Pusat untuk pembangunan jaringan pipanisasi di wilayahnya. Kucuran dana itu diperuntukkan sebagai kompensasi atas megaproyek umbulan.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pasuruan Hari Aprianto menyampaikan, sokongan dana dari APBN ditujukan untuk penyaluran air bersih ke sejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Pasuruan. Ada tiga kecamatan yang diproyeksikan bisa mendapatkan saluran pipa.

Yakni, Kecamatan Rembang, Beji, dan Gempol. “Jaringannya akan dihubungkan dengan tiga tandon yang sudah dibangun. Baik di Gempol, Rembang, dan Beji,” jelas Hari.

Untuk pembangunan pipanisasi jaringan air bersih di tiga kecamatan itu, pemerintah pusat mengalokasikan dana yang tak sedikit. Total anggaran yang bakal dikucurkan mencapai Rp 32 miliar.

Besaran anggaran tersebut terbagi untuk tiga alokasi. Di Gempol, alokasinya mencapai Rp 18 miliar. Sementara di Rembang dan Beji, masing-masing Rp 7 miliar. “Alokasi dananya memang besar. Ini, merupakam kompensasi dari proyek Umbulan,” imbuh Hari.

Saat ini proses pembangunan jaringan pipa tersebut masih tahap penyempurnaan detail engineering design (DED). Hari tidak menjelaskan berapa banyak KK yang bisa disokong. “Nantinya, pengelolaannya akan diserahkan ke PDAM,” terangnya. (one/mie)