Belum Setahun, Target Metrologi Sudah Tercapai 86 Persen

metrologi
UKUR: Petugas penera Bidang Metrologi Disperindag mengukur timbangan pedagang beberapa waktu lalu. Meski masih baru, bidang ini memberikan sumbangsih besar untuk pemasukan daerah. (Dok Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PANGGUNGREJO – Sampai pertengahan Agustus kemarin, penerimaan realisasi dari bidang metrologi di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan mencapai Rp 345,748 juta. Jumlah ini sudah mencapai 86 persen dari target sebesar Rp 400 juta.

Tahun ini penerimaan metrologi memang lebih maksimal dari tahun sebelumnya. Jika tahun 2017 lalu, baru sekitar bulan Agustus bisa melakukan peneraan secara mandiri. Tahun 2018 dari awal tahun retribusi sudah masuk ke kas daerah. Sehingga tak heran dengan target yang sama dengan tahun lalu, jumlah penerimaan sudah hampir tercapai.

Daya Uji, Kepala Bidang Metrologi Disperindag Kabupaten Pasuruan mengatakan, dengan penerimaan sementara ini, memang sedang diusulkan untuk bisa dinaikkan saat Perubahan APBD mendatang. Namun kenaikan dikatakan memang belum fix masih menunggu pengesahan bersama legislatif.

Metrologi pun optimistis semester kedua nanti penerimaan bisa makin tinggi. “Pada Oktober–November nanti juga prediksi penerimaan meningkat. Ini lantaran jatuh tempo peneraan di 10 Pasar Daerah Kabupaten Pasuruan,” jelasnya. (eka/fun)