Anggaran Pemeliharaan Ratusan Juta, Kondisi Median Jalan Memprihatinkan

BANGIL, Radar Bromo – Perawatan median jalan di Kabupaten Pasuruan disorot. Pasalnya, median-median itu tampak kumuh.

Kondisi itu seperti yang terlihat di median jalan raya Raci, Kecamatan Bangil. Bukan hanya dipenuhi rumput liar. Warna median jalan itu pun tampak kusam.

Hal ini dipertanyakan anggota DPRD setempat, Juriyanto. Menurut Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan itu, setiap tahunnya Pemkab menyiapkan dana ratusan juta untuk pemeliharaan median jalan.

Dana itu baik itu pengecatan ataupun pembersihan. Tapi kenyataannya, masih banyak median yang kusam. “Lalu, dana pemeliharaannya kemana?” tandasnya.

Ia berharap perawatan median jalan dimaksimalkan. Mengingat, anggaran untuk pemeliharaan median sudah disiapkan. Pemeliharaan itu pun penting agar median jalan di Kabupaten Pasuruan tidak lagi kusam.”Kalau dirawat, tentunya kan akan tampak terang. Jadi, pengendara bisa lebih awas di jalan,” pungkasnya.

Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan Hanung Widya Sasangka mengakui, perawatan median jalan masuk tanggung jawab instansinya. Tahun 2020, anggaran sekitar Rp 400 juta dialokasikan.

Dana itu untuk pemeliharaan. “Baik untuk pengecatan, pembersihan, dan pembenahan yang rusak,” sampainya.

Jika ditinjau dengan panjang median yang ada, jelas anggaran tersebut kurang. Namun, bukan berarti Pemkab abai. Karena pemeliharaan tetap dilakukan.

“Sekarang untuk pembersihan sudah ada yang mulai. Memang belum sepenuhnya. Karena kan bertahap,” bebernya. (one)