Stok Darah di PMI Kab Pasuruan Aman sampai Akhir Bulan

BANGIL, Radar Bromo – Sempat kritis lantaran pandemi Covid-19, pasokan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasuruan mulai stabil di pertengahan September ini. Diprediksi, stok darah sudah aman sampai akhir bulan.

Humas PMI Kabupaten Pasuruan Sony Sumarsono mengatakan, sampai Senin (14/9) stok kantong darah di PMI Kabupaten Pasuruan mencapai 400 kantong darah. Dengan jumlah tersebut, semua golongan darah sudah terpenuhi.

“Pasokan ini masih aman. Bahkan, untuk kegiatan donor darah 2 hari ini sementara kami tunda sampai Oktober. Sebab, sementara stok sudah aman,” terang Sony.

Ia menjelaskan, sebelumnya kebutuhan kantong darah memang kesulitan terpenuhi. Ini, lantaran kegiatan donor darah di perusahaan, instansi, sampai sekolah masih lockdown. Sehingga berbagai upaya dilakukan agar stok kantong darah bisa terpenuhi.

Sejak akhir Agustus lalu, Pemkab Pasuruan bekerja sama dengan kecamatan. Tujuannya, agar kecamatan juga proaktif mengajak warga untuk ikut serta donor darah.

Sehingga, secara bergilir dari 24 kecamatan ada kegiatan donor darah keliling ke kecamatan-kecamatan. “Alhamdullilah, sejak awal September kebutuhan kantong darah mulai terpenuhi. Termasuk kami melihat antusias masyarakat untuk donor darah cukup tinggi dibantu oleh pihak kecamatan,” terangnya.

Sehingga dengan stok darah 400 kantong darah ini dipastikan aman sampai akhir September ini. Belum lagi ditambah kegiatan donor darah yang rutin dalam beberapa hari ke depan.

Sedangkan permintaan kantong darah memang variatif tergantung kebutuhan masyarakat. Namun sementara ini, PMI Kabupaten Pasuruan masih mencukupi kebutuhan lokal Pasuruan dan belum sampai mengirimkan kantong darah ke luar daerah. (eka/mie)