alexametrics
31C
Probolinggo
Saturday, 23 January 2021

Retribusi TKA di Kab Pasuruan Belum Terimbas Pandemi

BANGIL, Radar Bromo – Pandemi Covid-19 tertanya tak terlalu berdampak pada penerimaan retribusi tenaga kerja asing (TKA) di Kabupaten Pasuruan. Sampai 12 November, retribusi dari TKA sudah mencapai Rp 2,22 Miliar.

Angka itu sudah melewati target yang diusung di awal tahun lalu. Yakni sebesar Rp 2,02 Miliar. Saat awal pandemi lalu, target itu sempat diturunkan menjadi Rp 1,01 Miliar.

Kabid penempatan dan perluasan kesempatan kerja Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pasuruan Suhartana mengatakan, di awal pandemi Covid-19 lalu, Disnaker memang melakukan evaluasi terkait target retribusi TKA. Sebab, melihat banyaknya negara yang di-lockdown imbas pandemi.

Namun rupanya setelah berjalan, jumlah TKA cenderung stagnan. Sejumlah perusahaan di kabupaten juga dikatakan ada yang tetap melakukan pegajuan mempekerjakan TKA.

Suhartana mengatakan, TKA yang masuk bekerja beberapa bulan saja. Sebab, kebutuhan tenaga ahli untuk alat atau mesin baru.

Termasuk sepanjang Oktober – November juga disebutkan Suhartana, ada tambahan TKA baru yang datang dari luar. TKA ini untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli di perusahaan. Sehingga realisasi notifikasi TKA tetap tinggi sampai pertengahan November.

“Setelah berjalan, sampai November ini rupanya realisasi notifikasi TKA sudah cukup bagus. Bahkan sudah melebihi target awal tahun lalu. Saat ini tercapai Rp 2,22 Miliar,” terang Suhartana.

Dengan realisai sementara, Disnaker memprediksi penerimaan notifikasi TKA masih bisa bertambah lagi sampai akhir tahun nanti. Dalam Perubahan APBD (P-APBD) sendiri, memang tidak ada perubahan target. (eka/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU