alexametrics
25C
Probolinggo
Wednesday, 27 January 2021

Anggarkan Rp 6 M, Target Normalisasi 60 Titik Irigasi Kab Pasuruan

BANGIL, Radar Bromo – Puluhan jaringan irigasi di Kabupaten Pasuruan bakal dinormalisasi tahun 2021 ini. Anggaran miliaran pun telah disiapkan untuk merealisasikannya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Tata Ruang Pemkab Pasuruan Misbah Zunib menjelaskan, tak semua kondisi jaringan irigasi dan saluran pembuangan baik. Lantaran itu, normalisasi rutin dilakukan untuk menjaganya.

“Tahun ini tetap ada kegiatan normalisasi untuk saluran pembuang dan irigasi. Juga anak-anak sungai di wilayah Kabupaten Pasuruan. Anggarannya sudah disiapkan dari APBD sebesar Rp 6 miliar,” terang Misbah.

Menurut Misbah, normalisasi diperlukan untuk meminimalisasi pendangkalan jaringan irigasi yang kerap terjadi. Sehingga, diperlukan normalisasi agar jaringan irigasi dan anak-anak sungai bisa tetap terjaga fungsinya.

“Untuk normalisasi tahun ini, targetnya 50-60 titik. Tahun lalu sudah dilakukan pemetaan (penentuan titiknya). Termasuk di dalamnya usulan dari warga, pemdes, dan kecamatan,” beber Misbah.

Untuk normalisasi jaringan irigasi tahun ini hanya dilakukan di beberapa kecamatan saja. Seperti Gempol, Pandaan, Beji, Bangil, Rejoso, Winongan, dan Gondang Wetan.

“Untuk realisasinya (normalisasi) mayoritas menggunakan alat berat yang kami miliki. Di sebagian titik, juga menggunakan tenaga manusia karena tidak bisa dijangkau dengan alat berat. Rencananya, mulai startnya akhir bulan ini, dikerjakan secara simultan dalam setahun,” terangnya. (zal/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU