Pasien Covid-19 Terus Meningkat, Tambah Ruangan-Gandeng RS Swasta

PENUH: Ruang paru dan jantung RSUD Bangil yang selama ini digunakan untuk menampung pasien Covid-19 kian tidak muat. Rencananya ruangan VIP RSUD Bangil bakal dialihfungsikan untuk penanganan Covid-19. (Iwan Andrik/ Radar Bromo)

Related Post

BANGIL, Radar Bromo – Tingginya kasus Covid-19 di Kabupaten Pasuruan, membuat ruang pelayanan kesehatan di RSUD Bangil dan RS Grati kian tak muat. Upaya penambahan ruangan serta menggandeng rumah sakit swasta kini tengah dilakukan.

Langkah ini dilakukan untuk menampung pasien-pasien yang terpapar Covid-19. Sekda Kabupaten Pasuruan Anang Saiful Wijaya mengungkapkan, kerja sama dengan rumah sakit swasta telah dilakukan. Bahkan, SK kerja sama untuk melayani pasien Covid-19 telah dikeluarkan.

“Ada satu rumah sakit swasta yang telah bekerja sama untuk menangani dan menjadi rujukan pasien Covid-19 di Kabupaten Pasuruan,” ungkap Anang.

Satu-satunya rumah sakit swasta yang melayani pasien Covid-19 yakni RS Prima Husada di Sukorejo. Rumah sakit setempat, mampu menampung puluhan pasien Covid-19.

Plt Kepala Dinkes Kabupaten Pasuruan Ani Latifa mengungkapkan, hunian untuk pasien Covid-19 di RSUD Bangil dan RSUD Grati kian sesak. Saat ini ada 79 ruangan yang menangani pasien Covid-19 di RSUD Bangil. Sementara, di RSUD Grati sebanyak 38 ruangan.

Jumlah tersebut sekarang penuh. Hal ini seiring dengan tingginya, kasus Covid-19 di Kabupaten Pasuruan. “Ruangan yang ada, sudah sesak,” sampainya.

Untuk menampung pasien Covid-19, pemkab tidak hanya bekerja sama dengan rumah sakit Prima Husada. Rumah sakit di Sukorejo itu menyediakan 70 ruang khusus untuk penanganan Covid-19.

Tetapi, juga bakal menambah ruangan di RSUD Bangil. Sebanyak 50 ruangan baru akan disiapkan, khusus untuk penanganan Covid-19. “Tidak membangun baru. Tapi, memfungsikan ruangan VIP untuk digunakan sebagai ruang penanganan pasien Covid-19,” sampainya.

Langkah ini dilakukan untuk menampung dan mengantisipasi pasien-pasien Covid-19 yang terus bermunculan. (one/mie)