Permintaan Kantong Darah di Kab Pasuruan Meningkat selama Penghujan

FULL: Agenda donor darah di salah satu perusahaan di Sukorejo, kemarin. Selama musim hujan, permintaan darah untuk PMI naik 5 persen. (PMI for Radar Bromo)

Related Post

BANGIL, Radar Bromo – Memasuki musim hujan, permintaan kantong daerah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasuruan alami kenaikan. Saat ini permintaan naik 5 persen untuk pasien di rumah sakit pelat merah dan swasta.

Sony Sumarsono, humas PMI Kabupaten Pasuruan mengatakan, kenaikan permintaan kantong darah sudah terasa sejak awal Februari. “Kemungkinan karena musim hujan dan banyak yang sakit, membuat permintaan kantong darah juga meningkat,” terangnya.

Dikatakannya, rata-rata sebelunya permintaan kantong darah masih 9-10 kantong darah per hari. Nah, sejak Februari ini bisa mencapai 10-15 kantong per hari. Namun, memang jumlahnya fluktuatif karena bergantung kebutuhan kantong darah di masyarakat.

Sony menerangkan, setiap musim hujan memang ada kecenderungan kenaikan permintaan kantong darah merah. Namun, saat ini untuk kantong darah trombosit justru masih stabil yang rata-rata kebutuhan per minggu masih 10 kantong darah.

Dari data PMI Kabupaten Pasuruan, jumlah kantong darah mencapai 200 kantong saat ini. Jumlah ini dikatakan dipastikan cukup sepanjang musim hujan ini. “Jumlah kami atur, kendati jadwal donor darah sudah full dari Februari sampai April mendatang. Jangan sampai, stok berlebih dan sampai kedaluwarsa. Jadi, kami atur agar antara pendonor dan stok tetap seimbang,” terangnya.

Permintaan kantong darah sendiri, mayoritas dari rumah sakit dari Kabupaten Pasuruan dan ada sebagian kecil dari Kota Pasuruan. Sedangkan dari luar daerah sementara memang belum ada permintaan. (eka/mie)