alexametrics
25C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

Dewan Soroti Banyak PJU Padam di Kab Pasuruan

BANGIL, Radar Bromo – Sejumlah lampu penerangan jalan di Kabupaten Pasuruan, disorot DPRD setempat. Penyebabnya, lampu-lampu tersebut padam.

Padahal, keberadaan lampu penerangan jalan itu dibutuhkan. Supaya kondisi gelap saat malam hari, tidak menjadi terang.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan Saifullah Damanhuri menyampaikan, banyak memperoleh aduan adanya lampu-lampu PJU yang padam. Kondisi itu terjadi di beberapa wilayah. Tidak hanya di ruas Kraton.

Tetapi juga di wilayah Gempol dan tempat-tempat lainnya. Padahal, lampu-lampu penerangan jalan tersebut diperlukan untuk memberi rasa nyaman bagi pengendara ketika malam hari. Sehingga, jalanan yang gelap bisa terang.

“Kami banyak mendapat aduan akan lampu penerangan jalan yang padam. Ini jelas mengganggu kenyamanan pengguna jalan,” bebernya.

Gus Saiful –sapaannya- menambahkan, padamnya lampu-lampu PJU itu salah satunya dipengaruhi musim hujan. Tidak sedikit pula lampu yang rusak imbas terkena pohon tumbang.

“Anggaran pemeliharaannya kan ada. Kami juga mengingatkan agar ada pemangkasan pohon untuk mencegah pohon tumbang. Memang hal itu sudah dilakukan,” sampainya.

Ia berharap penanganan lampu PJU yang mati, mendapatkan perhatian lebih. Supaya tidak membahayakan para pengguna jalan.

Sekretaris Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan Eko Bagus mengungkapkan, hujan memang mempengaruhi kondisi lampu penerangan jalan. Tidak sedikit lampu yang mengalami korslet sehingga akhirnya padam.

“Setiap laporan yang masuk, tentunya kami tindak lanjuti. Kalau penanganannya ringan, bisa dilakukan penanganan dengan cepat. Tapi kalau kerusakan berat, memang membutuhkan waktu. Karena berkaitan dengan material yang berasal dari pabrikan,” urainya. (one/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU