Arus Lalin Kian Padat, Usulkan Traffic Light di Simpang 3 Ranggeh

RAWAN MACET: Kondisi Simpang Tiga Ranggeh, Gondangwetan, yang makin padat kendaraan. Dishub Kabupaten Pasuruan mengusulkan ke pemprov, jalur setempat dipasang traffic light. (Foto: Erri Kartika/Radar Bromo)

Related Post

GONDANGWETAN, Radar Bromo – Arus lalu lintas di simpang tiga Ranggeh, Kecamatan Gondangwetan, saat ini kian padat. Lantaran itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Pasuruan pun mengusulkan ke Pemprov Jatim untuk memasang traffic light di kawasan setempat.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, kondisi simpang tiga Ranggeh yang berada di Desa Ranggeh, Kecamatan Gondangwetan, memang cukup ramai. Apalagi, selain kendaraan roda dua dan roda empat, truk-truk besar pun banyak yang melintas di kawasan setempat.

Agus Hari Wibawa, kepala Dishub Kabupaten Pasuruan mengatakan, sementara ini di simpang tiga Ranggeh memang masih hanya terpasang warning light. Lantaran jalan di simpang tiga Ranggeh merupakan jalan provinsi, sehingga kewenangan pemasangan traffic light (TL) merupakan wewenang Dishub Pemprov Jawa Timur.

“Pemasangan traffic light di sana memang bukan kewenangan kami. Namun, akan coba kami usulkan ke provinsi terkait kebutuhan traffic light di sana,” terang Agus Hari.

Agus Hari mengatakan, dari Dishub Kabupaten Pasuruan akan melakukan evaluasi terkait kepadatan lalu lintas. Namun, diakui sebagai jalur wisata menuju ke Bromo, saat ini kondisi simpang tiga Ranggeh memang cukup padat. Apalagi jalur ini juga berdekatan dengan Pasar Gondangwetan.

Sehingga, saat pagi terutama saat jam berangkat sekolah/kerja, ditambah kepadatan pasar, sehingga membuat jalur simpang tiga ini menjadi padat.

“Jadi, juga perlu kajian dulu, apakah jika ada traffic light di sana harus setiap saat? Atau jam tertentu saat jam padat, maka perlu kajian dulu,” terangnya.

Jika disetujui, harapannya tahun depan sudah ada TL di simpang tiga Ranggeh, Gondangwetan. (eka/mie)