alexametrics
28C
Probolinggo
Saturday, 16 January 2021

Akhir Tahun Pencairan PKH Kab Pasuruan Capai Rp 60,526 M

BANGIL, Radar Bromo – Sempat dibagikan tiap bulan saat pandemi Covid-19, pencairan Program Keluarga Harapan (PKH) akan kembali dibagikan 3 bulan sekali. Sehingga, dana PKH bulan Oktober, November dan Desember langsung dicairkan sekaligus.

Koordinator PKH Kabupaten Pasuruan Hadi Prayitno mengatakan, sesuai kebijakan Kementrian Sosial (Kemensos), untuk pencairan dana PKH akhir tahun ini diberikan triwulanan. “Sebelumnya sistem pencairan dana PKH memang dibagikan per triwulanan. Namun kemarin karena pandemi Covid-19, sempat dibagikan per bulan. Akhir tahun ini, dikembalikan lagi,” terangnya.

Sejak April lalu dibagikan per bulan, agar Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bisa lebih cepat menerima bantuan. Maklum, pandemi membuat kondisi ekonomi melesu.

Untuk pencairan PKH akhir tahun sudah mulai dibagikan akhir Oktober lalu. Dengan rincian penerima bantuan PKH mencapai 90.740 penerima dengan total pencairan mencapai Rp 60,526 Miliar.

Jumlah penerima di akhir tahun ini memang menurun. Jika September lalu penerima mencapai 93.078 penerima PKH, di Oktober hanya tinggal 90.740 penerima saja.

Penurunan jumlah penerima ini dikatakan hal lumrah. Biasanya karena penerima komponen sudah tidak ada seperti lansia, anak sekolah, bahkan pindah daerah.

Untuk akhir tahun ini, selain mendapatkan pencairan sekaligus 3 bulan, penerima PKH juga sejak bulan Oktober juga mendapatkan 45 kilogram beras. Harapannya dengan bantuan beras dan pencairan akhir tahun ini bisa membantu kebutuhan baik sehari-hari sampai sekolah anak. (eka/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU