alexametrics
29.7 C
Probolinggo
Tuesday, 27 October 2020

Cek Aspal di Jalan Kartini Bangil Sebelum Dibenahi

PASURUAN, Radar Bromo – Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII terus berupaya agar pengerjaan rehab jalan Pasuruan-Probolinggo di ruas Bangil tahun ini bisa selesai tepat waktu. Rencananya BBPJN VIII akan meninjau lokasi pengerjaan aspal karet pekan ini, supaya pengerjaan bisa segera dilakukan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BBPJN VIII wialyah Gempol Pasuruan Probolinggo, Rudy Napitupulu mengungkapkan, ruas Jalan Kartini, Bangil belum bisa digarap. Pihaknya masih menunggu ketersedian aspal karet yang sesuai dengan hasil uji laboratorium beberapa waktu lalu. Untuk itu, pekan ini, Balai berencana mendatangi lokasi pabrik di Gresik untuk melihat pengerjaannya.

Peninjauan ini untuk memastikan aspal karet yang dibuat sesuai dengan spesifikasi dan memiliki kualitas baik. Jika memang dinyatakan lolos pengujian, pihaknya akan segera meminta pabrik untuk mengirimkan material aspal karet bagi pelaksana sehingga ruas Jalan Kartini, Bangil bisa segera digarap dalam bulan ini. Ditargetkan pekan depan bisa dilaksanakan.

“Pekan ini kami akan tinjau pabrik pembuatnya. Ini untuk memastikan spesifikasinya sesuai dengan yang kami inginkan. Kalau memang sesuai bisa langsunh dimulai pengerjaannya,” ungkapnya.

Rudy menjelaskan, kontrak pengerjaan empat ruas jalan nasional yang dilaksanakan tahun ini adalah sampai akhir Desember. Namun Balai Besar berharap proyek ini sudah rampung sebelum itu. Sehingga pengendara jalan yang biasa melintas di lokasi tersebut menjadi lebih nyaman dan aman. Dan saat libur natal mendatang, jalan yang diperbaiki tahun ini bisa difungsikan secara maksimal saat dilewati oleh kendaraan.

Ia mengaku ada empat ruas jalan nasional yang diperbaiki tahun ini. Yaitu, Jalan Raya Gempol sampai batas kota Bangil, Pasuruan sepanjang 400 meter. Penanganannya dengan mengganti aspal lama menggunakan beton. Lalu Jalan Kartini, Bangil sepanjang 400 meter. Ruas Jalan ini ditangani dengan mengganti aspal lama menggunakan aspal karet.

Kemudian Jalan Hamka Probolinggo sepanjang 2,8 kilometer dengan mengganti aspal lama dengan beton. Serta Jalan Laweyan Sukapura sepanjang 400 meter dengan aspal plastik. Dari empat proyek fisik ini, dua di antaranya yakni ruas Jalan Gempol Bangil dan Jalan Hamka sudah rampung. Namun ia optimistis semua ruas jalan ini bisa rampung sebelum kontrak berakhir.

“Kalau bisa lebih cepat kan lebih baik. Saat ini tinggal dua yang belum rampung. Ruas Jalan Kartini masih tunggu material aspal karet dan ruas jalan laweyan saat ini sedang proses pengerjaan,” terang Rudy. (riz/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Maulid Nabi, Buah Impor di Probolinggo Lebih Banyak Diburu

Memasuki Maulid Nabi Muhammad SAW., permintaan buah segar, khususnya buah impor di Kota Probolinggo, meningkat.

15 Desa di Kab Probolinggo Masih Buruh Kiriman Air

Sebagian wilayah di Kabupaten Probolinggo, telah diguyur hujan. Namun, hal ini tidak mempengaruhi ketersediaan sumber air bersih untuk kebutuhan sehari-hari di wilayah terdampak kekeringan.

Pantai Permata Mulai Ramai, Pengunjung Wajib Patuhi Prokes

Libur panjang karena cuti bersama dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW., diperkirakan akan meningkatkan jumlah pengunjung sejumlah destinasi wisata.

SDM Pelaku Wisata di Probolinggo Perlu Ditingkatkan

Potensi wisata di Kabupaten Probolinggo, cukup banyak. Namun, pengelolaannya perlu terus ditingkatkan. Baik secara fisik maupun dari segi SDM pengelola.

Pemkab Probolinggo Ajukan 21 Raperda, Dibahas Tahun Depan

Pemkab Probolinggo, memiliki cukup banyak rancangan peraturan daerah (perda) yang perlu segera dibahas bersama DPRD.