Wabah Belum Usai, Belum Ada Rencana Buka GOR-Stadion

BANGIL, Radar Bromo – Sampai awal Juli ini, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Pasuruan masih belum berencana membuka stadion dan GOR. Ini, lantaran kegiatan kerumunan masih dihindari dan new normal masih belum ditetapkan di Kabupaten Pasuruan.

Kepala Dispora Kabupaten Pasuruan Hasbullah mengatakan, sampai awal Juli ini Dispora masih menutup semua fasilitas olahraga yaitu Stadion R Soedarsono dan GOR Sasana Krida Anoraga. “Masih ditutup untuk kegiatan masyarakat di stadion dan GOR. Ini, lantaran kegiatan kerumunan memang masih dilarang,” terangnya.

Kabupaten Pasuruan saat ini memang masih zona merah. Sehingga, kerumunan memang masih dilarang. Sehingga, Dispora masih menunggu tahapan new normal untuk mengevaluasi terkait pembukaan tempat olahraga.

“Untuk kegiatan masyarakat di tempat olahraga menunggu new normal dulu. Nanti akan dikaji terkait dibuka kegiatan olahraga untuk masyarakat,” terangnya.

Kendati sejak pertengahan Maret lalu stadion dan GOR sudah ditutup untuk umum, untuk pemeliharaan rutin tetap dilakukan. Hal ini untuk menjaga kondisi tempat olahraga tersebut tetap terjaga sampai dibuka kembali.

Pemeliharaan rutin ini berupa pemotongan rumput dianggarkan sebesar Rp 10 juta per tahun. Dari anggaran tersebut, tidak hanya untuk pemotongan rumput di stadion tapi juga di GOR Raci. Namun, sebagian besar atau 70 persen difokuskan di perawatan Stadion Pogar.

Dari anggaran Rp 10 juta tersebut, difokuskan untuk kebutuhan BBM pemotongan rumput. Dikatakan pemotongan rumput terutama saat musim hujan saat rumput lebih cepat panjang. Sedangkan saat musim kemarau juga rutin dilakukan penyiraman di lapangan sehari sekali agar tidak sampai kering. (eka/fun)