Relokasi Pedagang Pasar Gondanglegi Masih Mengambang

BEJI, Radar Bromo – Wacana pemerintah daerah untuk merelokasi pedagang Pasar Gondanglegi di Desa Cangkringmalang, Kecamatan Beji, mengambang. Buktinya, hingga kini para pedagang masih bertahan untuk tinggal di pasar setempat. Padahal, wacana itu sudah berjalan lama. Yakni, sejak tahun 2016 silam.

Kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan Eddy Suwanto mengungkapkan, rencana relokasi para pedagang memang ada. “Tapi, belum terlaksana sampai sekarang. Karena pedagang masih memilih untuk tinggal di pasar setempat,” jelasnya.

Pemkab sendiri bukan tanpa alasan untuk melakukan pemindahan tersebut. Karena pasar yang ada, rencananya akan dimanfaatkan untuk Puskesmas Beji. Apalagi, kondisi pasar setempat sudah dianggap pemerintah daerah tak representatif.

Kawasan yang dinilai terlampau kecil dan dekat jalan raya, menjadi penyebabnya. “Bedak pedagang sangat dekat dengan jalan raya. Sehingga, membahayakan,” sambungnya.

Para pedagang itu, rencananya akan dipindah ke Pasar Desa Cangkringmalang. Bahkan, pasar setempat sudah dibangun. Tapi, sebagian besar pedagang enggan untuk dipindah.

Hal inilah yang membuat wacana itu tidak jelas hingga sekarang. Rencana pembangunan Puskesmas Beji di kawasan setempat pun tak terealisasi sampai saat ini. “Kami terus berusaha melakukan pendekatan kepada para pedagang,” jelasnya. (one/mie)