Ada Permintaan Pasar Baru Gondanglegi Dikelola Pemkab

BEJI, Radar Bromo – Desakan untuk segera melakukan relokasi pedagang pasar Gondanglegi bakal ditindaklanjuti. Kepala Bidang Pasar Disperindag Kabupaten Pasuruan, Gatot Sutanto menuturkan, bakal melakukan sosialisasi kepada para pedagang.

Selain itu, pihak disperindag juga akan lakukan pendekatan, agar para pedagang segera pindah ke pasar baru. Gatot menguraikan, sebenarnya para pedagang berkenan untuk pindah. Asalkan, pasar setempat, dikelola oleh Pemkab, bukan pemerintah desa.

“Pernah juga ada yang mengeluhkan. Karena baru pindah, tapi dikenai biaya Rp 3 juta sampai Rp 4 juta. Ini yang akhirnya membuat pedagang balik lagi ke pasar lama,” aku Gatot.

Menurut Gatot, pengelola pasar baru Cangkringmalang, Kecamatan Beji, menegaskan, biaya itu tidak ada. Kalaupun ada, hanya Rp 2 ribu untuk biaya kebersihan keamanan. “Kalau untuk yang sampai Rp 3 juta sampai Rp 4 juta, saya luruskan, hal itu tidak ada,” ulasnya.

Relokasi pasar Gondanglegi sendiri sudah lama muncul. Hal ini seiring dengan rencana Pemkab untuk menjadikan pasar setempat, sebagai puskesmas Beji. Namun, banyak pedagang yang menolak.

Beberapa hal menjadi alasan. Salah satunya, dipengaruhi lokasi yan strategis. Mereka memandang, tempat baru yang disiapkan, cenderung sepi. Sehingga membuat pedagang merugi. (one/mie)